Kompas TV regional berita daerah

68 Ribu Anak Di Papua Barat Putus Sekolah

Kompas.tv - 17 Oktober 2022, 13:06 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

SORONG, KOMPAS.TV - Berdasarkan data kementerian pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi, sebanyak 68 ribu anak di papua barat tidak bersekolah meski anggaran otonomi khusus untuk papua barat mencapai 1 koma 2 triliun.

Sebanyak 68 ribu lebih anak di papua barat tidak bersekolah. Angka ini diperoleh dari forum discussion group penjaringan pokok pikiran penyusunan kebijakan pembangunan otonomi khusus dibidang pendidikan kesehatan bagi orang asli papua periode 2023 hingga 2041. Sementara anggaran pendidikan dari dana otonomi khusus mencapai 1 koma 2 triliun. Disisi lain tenaga pengajar pada tingkat SD, SMP dan SMA maupun SMK di papua barat tercatat 5.507.

Kepala dinas pendidikan provinsi papua barat barnabas dowansiba mengatakan anggaran otonomi khusus yang dialokasikan untuk pendidikan ke kabupaten kota sebanyak 30 persen. Dinas pendidikan provinsi hanya menerima 11 koma 6 persen dan digunakan untuk biaya guru honor dan keperluan dunia pendidikan. Salah satu penyebab kekurangan guru karena pemekaran wilayah. Masalah kesejahteraan dan fasilitas juga menjadi penghambat kemajuan pendidikan di papua barat.




#anakputussekolah
#pendidikanpapua
#mentripendidikan



Sumber : Kompas TV Makassar

BERITA LAINNYA



Close Ads x