Kompas TV regional berita daerah

45 Artefak Peninggalan Rasulullah Dipamerkan di Banjarbaru, Terbesar dan Terlengkap di Kalsel

Kompas.tv - 16 Oktober 2022, 08:56 WIB

BANJARBARU, KOMPAS.TV - Dibuka selama 10 hari dari tanggal 7 hingga 17 oktober 2022 di Gedung Le Olang Banjarbaru, Pameran Artefak Rasulullah dapat menjadi pilihan wisata religi bagi masyarakat di Kalimantan Selatan.

Memamerkan sebanyak 45 barang yang pernah bersentuhan langsung dengan Nabi Muhammad, pameran ini menjadi pameran artefak Rasulullah terbesar dan terlengkap yang pernah diselenggarakan di Kalimantan Selatan.

Baca Juga: Pawai Perahu Lampion Hingga Atraksi Sungai, Seperti Ini Meriah Malam Taaruf MTQN XXIX di Kalsel

Pengunjung perlu merogoh kocek sebesar 100 ribu rupiah untuk orang dewasa dan 50 ribu rupiah untuk pelajar atau anak-anak, agar dapat melihat langsung koleksi yang dipamerkan seperti gamis atau jubah Rasulullah, rambut, darah bekam serta sorban yang pernah digunakan oleh Rasulullah.

“Di sini ada gamis yang pernah dipakai Rasulullah dalam masa dingin, ada imama, ada rambut, jenggotnya juga darah bekam, pedang, tongkat dan lain-lain,” ucap Ketua Penyelenggara Pameran Artifak Rasulullah, Imam Muktik Syafi’i.

Benda-benda yang dipamerkan ini merupakan koleksi dari museum galeri warisan museum artefak Rasulullah di Malaysia yang dikelola oleh arkeolog yang meneliti benda rasul dan sahabat lebih dari 30 tahun dan bekerja sama dengan Kerajaan Brunei Darussalam.

Baca Juga: Wapres Ma'ruf Amin Buka MTQ Nasional XXIX di Kalsel

Roadshow pameran ini sudah diselenggarakan di beberapa provinsi seperti Jakarta, Madura dan Jawa Timur, Kalimantan Selatan dipilih menjadi lokasi roadshow karena dinilai mempunyai budaya islami yang cukup kental.

Penyelenggara juga menceritakan beberapa pengunjung banyak yang terharu saat melihat langsung barang kepunyaan nabi terutama gamis atau baju Nabi Muhammad.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x