Kompas TV regional peristiwa

Prakiraan Cuaca di Jawa Timur 15 Oktober Bakal Didominasi Turun Hujan pada Siang dan Sore Hari

Kompas.tv - 15 Oktober 2022, 07:02 WIB
prakiraan-cuaca-di-jawa-timur-15-oktober-bakal-didominasi-turun-hujan-pada-siang-dan-sore-hari
ilustrasi orang beraktivitas dengan menggunakan payung saat turun hujan. Pihak BMKG menginformasikan prakiraan cuaca di sejumlah daerah di wilayah Jawa Timur pada hari ini, Sabtu (15/10/2022). (Sumber: aboodi vesakaran on Unsplash)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan prakiraan cuaca di sejumlah wilayah akan turun hujan  pada hari ini, Sabtu (15/10/2022).

Hujan tampaknya juga akan turun di beberapa daerah di Jawa Timur (Jatim).

Pihak BMKG memberikan peringatan dini: Waspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat pada daerah di bawah ini

  1. Pagi hari, di wilayah Kab. Mojokerto dan Gresik.
  2. Siang-Sore hari, di wilayah Kab. Kediri, Kab. Malang, Kota Malang, Batu, Kab. Pasuruan, Kab. Probolinggo, Lumajang, Jember dan Bondowoso.
  3. Malam hari, di wilayah Surabaya, Gresik, Tuban dan Bangkalan

Baca Juga: Prakiraan Cuaca di Yogyakarta, Medan dan Makssar 15 Oktober, Potensi Hujan pada Siang Hari

Berikut rangkuman prakiraan cuaca yang dikutip dari laman resmi BMKG.

  • Cuaca Jatim

Pagi hari di Jawa Timur diprediksi cerah berawan. Namun, turun hujan ringan di Kabupaten Blitar, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten dan Kota Probolinggo, dan Lumajang.

Siang hari, hujan diprediksi akan mendominasi di Jawa Timur. Beberapa daerah diprediksi hujan petir, di antaranya Batu, Bondowoso, Jember, Kabupaten Kediri, Kabupaten dan Kota Malang, Kabupaten Probolinggo.

Sementara hujan ringan akan terjadi di wilayah seperti Bangkalan, Jombang, dan Kabupaten Blitar.


 

Malam hari, beberapa daerah juga diprediksi masih mengalami hujan ringan atau hujan petir. Bangkalan, Gresik, Tuban akan hujan petir. Sementara 9 daerah diprediksi hujan ringan, salah satunya di Magetan.

Dini hari jelang Minggu (16/10) hujan di beberapa daerah diprediksi sudah reda. Namun ada juga yang diprediksi masih mengalami hujan ringan yakni, di Bojonegoro, Kabupaten dan Kota Mojokerto, Lamongan, serta Tuban.

Baca Juga: Sedia Payung, Wilayah DKI Jakarta 15 Oktober Diperkiraan Turun Hujan pada Siang dan Malam Hari

  • Khusus untuk parakiraan cuaca di Surabaya

Surabaya dan sekitarnya juga diprediksi hujan, pada Sabtu (15/10). Hujan diprediksi turun di Surabaya pada malam hari. Sementara pagi, siang dan dini hari di Surabaya diprediksi cerah berwan.

Gresik juga diprediksi mengalami hujan ringan pada siang hari. Malamnya hujan petir. Sedangkan, Sidoarjo diprediksi cerah berawan seharian.




Sumber : Kompas TV, bmkg.go.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x