Kompas TV regional berita daerah

Ini Penyebab Banjir Masih Terjadi di Sorong Dengan Intensitas Hujan Sedang

Kompas.tv - 12 Oktober 2022, 16:30 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

SORONG, KOMPAS.TV - Akibat hujan deras yang terjadi beberapa jam di Kota Sorong, menyebabkan banjir masih terjadi pada sejumlah wilayah, akademisi menilai sejumlah drainase belum digunakan sesuai fungsinya.

Beginilah kondisi drainase yang ada di Kota Sorong saat ini, untuk drainase pada jalan nasional tengah dilakukan pengerukan untuk mengatasi banjir. Sedangkan drainase pada lingkungan warga belum dilakukan perbaikan. Padahal banjir kerap terjadi pada lingkungan warga.

Hujan deras dengan intensitas sedang pada selesa sore hingga malam, merendam enam Distrik di Kota Sorong, bahkan jalan utama yang sudah dilakukan pengerukan drainase ikut terendam air. Hingga 5 jam barulah air kemudian surut.

Akademisi Fakultas Teknik Lingkungan Universitas Muhammadiyah Sorong mengatakan saluran drainase sangat penting untuk memberikan jalan bagi air, namun kenyataannya pada pemukiman padat penduduk drainase yang ada belum sesuai fungsinya.  

Sehingga drainase yang ada harus disesuaikan dengan perencanaan dan kondisi daerah. Guna mengurangi banjir yang sering terjadi.

Sementara berdasarkan data badan penanggulangan bencana daerah Kota Sorong banjir yang terjadi pada selasa malam dilaporkan tidak ada korban jiwa dan kerusakan bangunan. Meskipun demikian BPBD tetap akan memantau warga yang membutuhkan bantuan.




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x