Kompas TV regional peristiwa

Seminyak Bali Dilanda Banjir, Ini Penampakan Sejumlah Bule Diangkut Perahu Tim SAR

Kompas.tv - 8 Oktober 2022, 15:09 WIB
seminyak-bali-dilanda-banjir-ini-penampakan-sejumlah-bule-diangkut-perahu-tim-sar
Banjir di kawasan Seminyak Bali, puluhan wisatawan asing dievakuasi, Sabtu (8/10/2022) (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Vyara Lestari

BADUNG, KOMPAS.TV - Sejumlah warga negara asing (WNA) atau bule di Seminyak, Kuta, Badung, Bali, Sabtu (8/10/2022), diangkut dengan menggunakan perahu oleh Tim SAR Bali.

Sejumlah perempuan dan anak-anak turut diangkut dalam perahu tersebut dan ditemani seorang petugas kaosnya bertuliskan Basarnas.

Dari potret itu tergambar, ketinggian air sudah mencapai pinggang orang dewasa. 

Seperti dilansir Kompas.com, banjir merendam kawasan Seminyak, Kuta, Badung, Bali, Sabtu (8/10).

Banjir terjadi akibat adanya peningkatan volume air di Sungai Tukad Mati. Sejumlah rumah warga dan vila terendam air usai hujan deras mengguyur Bali sejak Sabtu dini hari.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Badung I Ketut Murdika mengatakan, ketinggian banjir kawasan tersebut diperkirakan setinggi dada orang dewasa.

Akibat kejadian itu, para wisatawan yang terdiri dari 23 orang WNA dan 10 orang WNI terpaksa dievakuasi dari sejumlah vila yang mereka tempati. Warga negara asing yang dievakuasi terdiri dari 18 orang dewasa dan 5 balita, sedangkan WNI terdiri dari 9 orang dewasa dan 1 balita.

"Di vila itu yang lebih parah, tingginya sedada, kalau di jalan nggak terlalu," kata dia saat dihubungi pada Sabtu.

Selain itu, Tim SAR BPBD juga mengevakuasi sejumlah WNA di Legian dan beberapa titik wilayah di Seminyak dengan ketinggian air sekitar lutut orang dewasa. 

"Di hotel ini, tamunya (wisatawan), (ketinggian air) selutut nggak mau jalan, makanya repot kita," kata dia saat sedang mengevakuasi wisatawan yang menginap di sebuah hotel di Jalan Saraswati, Kuta, Badung.

Baca Juga: Ribuan Warga Aceh Utara Mengungsi Akibat Banjir, Bantuan Akan Segera Didistribusikan

Bali Dilanda Cuaca Ekstrem

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan, Bali dilanda cuaca ekstrem sejak Sabtu (8/10) pukul 00.50 hingga 05.10 WITA.

Akibatnya, sejumlah titik di Kabupaten Badung dan Kota Denpasar terendam air. Banjir mencapai selutut hingga dada orang dewasa.

Titik banjir di Kota Denpasar terletak di Pura Demak Pemecutan Kelod, Perumahan Padang Asri Padangsambian, Desa Tegal Kerta Monang-Maning, Bumi Ayu Sanur, dan Kertapura Pemecutan.

Sementara itu, titik banjir di Kabupaten Badung terpantau di Tukad Mati Legian, Jalan Pandawa hingga Jalan Dewi Sri.

Baca Juga: Banjir Rendam 12 Kecamatan di Aceh Utara, 31 Ribu Warga Mengungsi


 



Sumber : kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x