Kompas TV regional berita daerah

Seniman Mural Solo Suarakan Pesan Perdamaian Sepak Bola Lewat Mural

Kompas.tv - 7 Oktober 2022, 11:14 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SOLO, KOMPAS.TV - Sekelompok pelukis dinding atau muralis di Solo, Jawa Tengah, membuat pesan perdamaian sepak bola. Aksi solidaritas ini di gelar di salah satu sudut koridor Jalan Gatot Subroto Solo, Rabu (5/10/2022) malam.

Aksi solidaritas diawali dengan menyalakan lilin sebagai tanda duka cita untuk Aremania korban tragedi Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, akhir pekan kemarin. Gambar yang dilukis adalah siluet dari beberapa orang yang saling merangkul. Logo dari beberapa klub sepak bola juga dilukis di dalam mural ini.

Gambar ini merupakan pesan yang kuat tentang pentingnya persaudaraan dan tidak ada gunanya berkonflik. Kekerasan sudah seharusnya dijauhkan dari dunia sepak bola di Indonesia. Dan pesan ini dilukis di jalanan agar tertanam dalam ingatan semua orang yang melintas.

"Setiap hari yang lewat sini ribuan. Mural itu kan seni publik yang efektif untuk menyampaikan pesan-pesan moral kepada publik. Diharapkan nanti dengan sedikit suara-suara perdamaian ini punya imbas positif untuk yang sekarang sedang terjadi," ujar Irul Hidayat, muralis Kota Solo.

Sepak bola sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari sebagian besar masyarakat Indonesia. Sudah seharusnya olah raga ini menjadi perekat, bukan untuk saling membenci, karena tidak ada sepak bola seharga nyawa manusia.

#solo #sepakbola #mural

 

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x