Kompas TV regional berita daerah

Tenunan Mewah Dalam Lembaran Kain Songket Bali

Kompas.tv - 6 Oktober 2022, 12:51 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

KLUNGKUNG, KOMPAS TV - Songket  adalah lembaran kain gabungan dari benang emas atau perak dan benang katun. Saat ini, produksinya semakin berkurang. Selain karena proses pembuatan yang sulit, pengerjaan juga sangat lama. Satu lembar kain kurang dari dua meter, dikerjakan sampai 3 bulan. Tidak dipungkiri, harganyapun terbilang mahal, mencapai 15 juta rupiah untuk satu lembar kain  dengan  ukuran 175 x 65 centimeter.

Biasanya, kain songket ini digunakan saat upacara-upacara besar,  seperti digunakan dalam prosesi pernikahan di Bali. Songket saat ini juga  menjadi kain mewah untuk desainer-desainer ternama,  hingga tingkat internasional menjadi fashion kekinian. Bahkan,  putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu menjadi salah satu pengguna produk songket khas dari Klungkung, Bali.

Salah satu pelaku UMKM yang masih melestarikan kain songket di Desa Gelgel, Kabupaten Klungkung, Bali, Agus Aksara Diantika mengatakan,  walaupun di Bali saat ini masih digunakan untuk kegiatan upacara saja,  akan tetapi para desainer sudah merambah kain songket menjadi bahan fashion.

Pangsa pasar songket sendiri menurut Agus, masih terbuka luas, akan tetapi kendalanya pada penenun yang mulai berkurang, dan kebanyakan ibu-ibu yang lanjut usia. Untuk bisa tetap produksi,  ia juga memproduksi bekerja sama dengan penenun yang bekerja dirumah masing-masing. Sehingga dalam satu bulan bisa menghasilkan hingga 50 lembar kain songket.

Salah satu penenun kain songket dengan sistem cagcag,  Nengah Suastini mengaku,  sudah 20 tahun lebih menenun kain songket. Walaupun satu bulan baru menghasilkan satu lembar kain, namun baginya, membuat kain songket adalah sebuah keahlian yang jarang dimiliki orang. Satu persatu benang emas dimasukkan dikaitkan dengan benang katun, menjadi satu gambar unik, mewah dan menawan. Menjadikan para pemakai kain songket ini tampak berwibawa.

Tertarik memiliki kain songket? Bagi yang sedang atau akan berlibur ke Bali, mungkin satu lembar kain songket Bali, bisa dibawa pulang untuk oleh-oleh. Untuk penjualan di Klungkung, Bali,  bisa langsung ke salah satu penenun dan atau banyak terdapat di Pasar Seni, Klungkung, Bali.

 

 

 

 

 

#Songket   #tenunsongket  #songketbali



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x