Kompas TV regional berita daerah

Bendungan Dikeringkan Jadi Wisata Dadakan

Kompas.tv - 4 Oktober 2022, 17:02 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Warga di Kabupaten Tegal, Sabtu siang, beramai ramai mendatangi aliran sungai Kemiri yang berdekatan dengan bendung Sidapurna, di Kecamatan Dukuhturi. Setiap awal bulan Oktober oleh petugas bendung sengaja dibuka seluruh pintu airnya untuk mengeringkan dasar bendung.

 

Bagai wisata dadakan, setelah dasar bendung dan sungai menyusut airnya, ratusan warga menyerbu untuk menangkap ikan. Bermacam cara dilakukan seperti dengan menjaring, memancing dan menggunakan alat setrum ikan. Tak hanya menangkap ikan, warga juga menangkap biawak.

 

Warga menuturkan berbeda dengan tahun sebelumnya, habitat ikannya masih banyak. Namun, pada pengeringan bendung tahun ini jumlah ikannya sangat sedikit. Warga pun lebih banyak mendapatkan meski menurut rencana ikan sapu-sapu yang diperolehnya dijual ke pedagang ikan hias.

 

Tidak hanya warga yang berasal dari desa sekitar, namun juga banyak warga  yang datang dari Kabupaten, Kota tetangga. Pengeringan bendung ini bertujuan untuk melakukan perbaikan pada pintu-pintu air dan saluran irigasi sebelum datangnya musim hujan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x