Kompas TV regional berita daerah

Cegah Stunting Rumah Gizi Bimbing Ibu dan Anak Pedalaman

Kompas.tv - 4 Oktober 2022, 16:46 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

ACEH TAMIANG, KOMPAS.TV - Berada di kawasan areal perkebunan sawit yang jauh dari pusat ibukota kabupaten, desa Kebun Rantau merupakan salah satu desa kumuh dan tertinggal di kabupaten Aceh Tamiang.

Karena perekonomian warga yang minim tidak memiliki jamban dan kebiasaan buang air besar sembarangan, sangat berdampak bagi kondisi dan kesehatan anak-anak di desa tersebut.

Sejak tahun 2021, kasus stunting di desa yang berpenduduk kurang dari 1000 jiwa ini terus berkurang menjadi 7 kasus. Berkurangnya angka tersebut karena telah didirikannya Rumah Gizi gampong Posyandu Kenari yang secara intensif membimbing ibu dan anak-anak.

Baca Juga: Lezatnya Mie Kocok Khas Aceh yang Kaya Kaldu Rasa

Di rumah gizi gampong, anak-anak yang masuk dalam kategori stunting terus dipantau oleh bidan dan kader Posyandu dengan cara melakukan pemeriksaan secara rutin, seperti menimbang berat badan, mengukur tinggi badan serta memeriksa kesehatan anak.

Para kader Posyandu Kenari dan bidan desa juga memberikan makanan sehat untuk anak-anak yang terdiri dari nasi, ikan, tempe, dan sayuran guna menambah gizi bagi anak stunting yang masih dalam masa pengawasan petugas.

Makanan tersebut diberikan kepada anak-anak dalam binaan rumah gizi selama 3 kali dalam seminggu dan pihak rumah gizi juga memberikan makanan tambahan berupa susu khusus untuk mempercepat tumbuh kembang sang anak.

Di rumah Gizi Gampong, para ibu-ibu kader Posyandu Kenari juga memperoduksi olahan makanan keripik yang terbuat dari daun kelor. Ini merupakan salah satu program binaan CSR PT. Pertamina EP Rantau Field. Selain bergizi makanan olahan daun kelor tersebut juga bisa dijual untuk kemandirian masyarakat.

PT. Pertamina EP Rantau juga memberikan bantuan lainnya di Posyandu Kenari berupa peralatan posyandu, memberikan dana untuk kebutuhan makanan rumah gizi gampong secara rutin, pembangunan 15 unik MCK layak pakai dan melakukan berbagai sosialisasi tentang pencegahan stunting.

Dengan adanya rumah gizi gampong dan bimbingan bidan desa, per Agustus 2022 kasus stunting di desa Kebun Rantau terus berkurang menjadi 4 kasus. Warga pun berharap program ini terus berjalan, dan berbagai sosialisasi terus dilakukan guna menjadikan desa Kebun Rantau yang merupakan wilayah lingkungan PT Pertamina EP bebas dari stunting.

Aceh merupakan provinsi ke tiga tertinggi kasus stunting di Indonesia, meskipun Aceh Tamiang bukan berada di urutan tiga besar di Aceh, namun seluruh pihak terkait terus fokus mengurangsi angka kasus stunting.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x