Kompas TV regional berita daerah

19 Karya Budaya Asal Jabar Diusulkan Jadi Wbtb

Kompas.tv - 3 Oktober 2022, 15:31 WIB
Penulis : KompasTV Bandung

BANDUNG. KOMPAS. TV - Sebanyak 19 karya budaya asal jawa barat, diusulkan untuk ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda atau WBTB 2022. 11 di antaranya adalah seni pertunjukan dan ada juga karya budaya yang terancam punah, seperti tenun gedogan indramayu.

Guna menambah warisan budaya tak benda atau WBTB, dinas pariwisata dan budaya provinsi jawa barat mengusulkan 19 karya budaya asal jawa barat ke dalam  wbtb ditahun 2022. Cara ini  merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah untuk melindungi kebudayaan.

Dari 19 karya budaya yang diusulkan di antaranya adalah tenun gedogan, lampu gentur, babaritan kranggan doclang, dan tari jayengrana kasumedangan. 11 di antaranya adalah seni pertunjukan dan ada juga karya budaya yang terancam punah seperti tenun gedogan indramayu.

Usulan penetapan WBTB ini untuk meningkatkan indeks pembangunan kebudayaan  jawa barat, selain itu untuk mempertahankan jawa barat sebagai provinsi terbaik dalam pengusulan karya budaya menjadi wbtb nasional.

Semua karya budaya yang diusulkan merupakan yang terbaik dan sesuai serta memenuhi persayaratan yang dimintakan untuk ditetapkan wbtb nasional tahun ini.

Hingga saat ini sudah ada 86 karya budaya asal jabar yang ditetapkan sebagai wbtb nasional, dan menduduki peringkat tiga nasional untuk wbtb yang sudah ditetapkan.

Untuk lebih tahu berita terupdate seputar Jawa Barat, bisa klik link di bawah . IG:https://www.instagram.com/kompastvjabar/

Youtube:https://www.youtube.com/c/kompastvjaw...

Twitter:https://www.twitter.com/kompastv_jabar/

Facebook:https://www.Facebook.com/kompastvjabar/




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x