Kompas TV regional peristiwa

Warga Kota Makassar Panik Diguyur Hujan Es, Ini Pantauan BMKG

Kompas.tv - 1 Oktober 2022, 19:38 WIB
warga-kota-makassar-panik-diguyur-hujan-es-ini-pantauan-bmkg
Ilustrasi fenomena hujan es. (Sumber: surya.co.id/rifky edgar)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Vyara Lestari

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Sebagian wilayah Kota Makassar, Sulawesi Selatan dilanda hujan es sekitar pukul 14.00 WITA, Sabtu (1/10/2022).

Hujan es yang jatuh di Kecamatan Biringkanaya dan Kecamatan Tamalanrea itu sempat membuat warga panik.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Makassar mengonfirmasi turunnya hujan es di wilayah tersebut usai melakukan pemantauan terhadap awan tinggi di wilayah itu.

Baca Juga: Guyuran Hujan Es Mengagetkan Warga Kuningan Jawa Barat, Sebagian Atap Rumah Warga Rusak!

Prakirawan Cuaca BMKG Wilayah IV Makassar Rizky Yudha menjelaskan, turunnya hujan es merupakan fenomena normal pada masa peralihan cuaca dari kemarau ke penghujan.

Hujan es turun dari awan tinggi yang merupakan awan kumolonimbus.

"Hujan es ini terbilang normal, tapi jarang terjadi. Hujan es itu memang terjadi di musim-musim pancaroba seperti saat ini. Memang tadi satu awan saja, seperti gumpalan awan kumolonimbus di Biringkanaya. Jadi hanya terjadi di Biringkanaya dan Tamalanrea, sehingga tidak terjadi hujan es di daerah lainnya di Sulawesi Selatan," jelasnya dikutip dari Kompas.com, Sabtu.


Baca Juga: Sedih, Bayi Perempuan 20 Bulan di Spanyol Tewas Dihantam Hujan Es Sebesar Kepalan Tangan

Rizky melanjutkan, musim penghujan di wilayah Kota Makassar umumnya terjadi pada pertengahan bulan Oktober. Kini pihaknya melakukan pantauan terkait cuaca ini.

"Musim penghujan di Kota Makassar diperkirakan terjadi pada pertengahan bulan Oktober, sehingga di akhir bulan September dan awal Oktober ini masih kita pantau berada pada masa peralihan," tambahnya.

 



Sumber : Kompas TV/Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x