Kompas TV regional berita daerah

Pemilihan Rektor IISIP Yapis Biak Periode 2022-2026 di Lakukan Secara Demokratis

Kompas.tv - 21 September 2022, 17:43 WIB
pemilihan-rektor-iisip-yapis-biak-periode-2022-2026-di-lakukan-secara-demokratis
Rapat pemilihan Rektor IISIP Yapis Biak periode 2022-2026 yang diikuti lima calon Rektor.berlangsung demokratis  dengan sistem pemilihan langsung (Sumber: Hunas IISIP Yapis Biak)
Penulis : KompasTV Makassar

BIAK, KOMPAS TV -  Rapat pemilihan Rektor IISIP Yapis Biak periode 2022-2026 yang diikuti lima calon Rektor.berlangsung demokratis  dengan sistem pemilihan langsung bertempat di ruang auki hotel Swissbel Cendrawasih Biak, Rabu (21/9/2022)

Kelima calon Rektor IISIP Yapis Biak  itu yakni  Dr. (Cand) H. Djunaedi,SE, M.AB..  Dr Dahlan S.Pd, M.Pd, M.Si, Dr Hermanu Iriawan,SE.,M.Si, Mohamad Sudi, SE, M.Si dan Dr Amiruddin, SE ,M.Si.

Ketua Yapis di Tanah Papua Cabang Kabupaten Biak Numfor Ir.H.Saipuddin dalam sambutannya mengatakan pemilihan rektor tersebut,siapapun yang terpilih untuk tetap bersinergi, berkolaborasi dan menghilangkan ego.

“Setelah proses pemilihan ini dan terpilih siapapun yang menjadi pemimpin maka berkolaborasi dan membangun satu sinegitas yang besar,janganlah menjadi single fighter  dalam memimpin,jadi pesan saya untuk selalu mengingat  filosofi sapu lidi bahwa suksesnya seorang pemimpin adalah kesuksesan dari orang-orang yang ada dibawahnya,maka rangkulah dan bekerjasamalah  untuk kemajuan kampus IISIP Yapis Biak,”ujar Ir.H.Saipuudin.

Sementara Rektor IISIP Yaps Biak Drs Djamil Hasim mengajak calon Rektor tetap mengedepankan komitmen bersama untuk kemajuan IISIP Yapis Biak dan tidak lagi ada perbedaan.

“Lima  calon Rektor adalah putra-putra terbaik IISIP Yapis Biak sehingga apapun perbedaan yang ada tinggalkan perbedaan  itu dan mari kita jauh memandang ke depan, kita etangan maju bersama  sehingga siapapun yang terpilih menjadi rektor maka itulah yang terbaik,”ucap Drs Djamil Hasim.

Sementara Ketua panitia pemilihan Rektor IISIP Yapis Biak, Agus Filma mengatakan tahapan penyaringan berupa  pemilihan Rektor dilakukan oleh  sebelas pemilih  dan dari hasil pemilihan tersebut diambil dua calon dengan jumlah terbanyak dan diserahkan ke pihak yayasan.

“Hari ini telah dilakukan  proses rapat pemungutan suara Rektor IISIP Yapis  Biak diikuti sebelas pemilih terdiri dari tujuh suara dari senat,dua dari perwakilan tokoh agama, dua suara dari  alumni dan selanjutnya  tugas kami dari panitia mengirimkan dua nama calon Rektor perolehan suara terbanyak dan dikirim ke Yapis di tanah Papua Provinsi Papua kemudian akan  diplenokan dan akan ditetapkan  Rektor IISIP Yapis Biak yang defenitif.”ujar Agus Filma.

 Sebelumnya Wakil Ketua Pantia ,Dadang dalam laporannya  menyebutkan bahwa proses pemilihan rektor yang dilakukan panitia  bertujuan mewujudkan prinsip demokrasi serta memberikan kesempatan bagi pemilih menyalurkan hak suaranya sesuai aspirasinya.

“Pemilihan Rapat Pemilihan ini bertujuan untuk mewujudkan prinsip-prinsip demokrasi  dalam proses pemiliha rektor sehingga terpilih Rektor IISIP Yapis Biak yang terbaik,selain itu memberikan kesempatan kepada pemilih  untuk melakukan proses penyaringan calon rektor dengan memberikan suaranya sesuai penyerapan aspirasi di dalam civitas akademika IISIP Yapis Biak,”ujar Dadang.

Hasil pemilihan Rektor IISIP Yapis Biak  dengan suara terbanyak  Dr Hermanu Iriawan dengan 4 suara, Dr Dahlan 3 suara, Dr Amiruddin 2 suara,sedangkan Mohammad Sudi dan Dr (Cand) H.Djoenaedi masing-masing 1 suara.

Turut hadir pada acara tersebut penasehat Yapis Biak, Drs H.Marsam dan sebelumn pemilihan dilakukan penandatanganan pakta integritas dari para pemilih.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x