Kompas TV regional berita daerah

Bank Indonesia Ganti Uang Samin Hingga Puluhan Juta

Kompas.tv - 20 September 2022, 16:34 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Samin dan istrinya kembali mendatangi kantor perwakilan Bank Indonesia Solo, Jawa Tengah, kamis siang. Selama dua hari ini mereka dibantu tim dari Bank Indonesia, menyusun kembali serpihan uang yang dimakan rayap. Butuh tenaga, waktu, dan kesabaran ekstra, untuk menyusun serpihan uang tersebut.

 

Menurut kepala kantor perwakilan Bank Indonesia Solo, Nugroho Joko Prastowo, tidak semua uang milik Samin bisa ditukar. Ini terkait syarat dua pertiga ukuran, yang tidak bisa dipenuhi. Namun uang Samin, bisa ditukar sebesar dua puluh juta dua ratus ribu dua puluh ribu rupiah.

 

Uang yang rusak diamankan oleh Bank Indonesia, untuk kemudian dihancurkan total. Samin bersyukur masih ada uangnya yang bisa ditukar, sehingga bisa digunakan untuk keperluan mendaftar haji. Samin berpesan agar tidak ada yang meniru langkahnya, menabung uang di tempat yang tidak benar.

 

Samin dan istrinya akan segera menyetor uangnya ke salah satu Bank untuk disimpan dengan baik dan aman. Sebelumnya diberitakan jika uang milik samin, dimakan rayap karena disimpan di celengan. Ada lima puluh juta rupiah, uang yang hancur akibat dimakan rayap. Sedianya uang tersebut, akan digunakan untuk mendaftar ibadah haji.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x