Kompas TV regional berita daerah

Bakti Sosial Operasi Katarak PT Agincourt Resources

Kompas.tv - 12 September 2022, 17:03 WIB
Penulis : KompasTV Medan

ADVERTORIAL - PT Agincourt Resources (PTAR), pengelola Tambang Emas Martabe, menggelar operasi katarak gratis di Tapanuli Selatan dan Medan, Sumatera Utara.

General  Manager Operations PTAR, Rahmat Lubis, mengatakan sejak tahun 2011 PTAR sudah menggelar operasi katarak secara cuma-cuma. Hingga saat ini sudah 8.118 mata katarak pada 7.131 kembali normal.

“Semangat kami adalah mencegah, mengobati, dan menyembuhkan katarak serta meningkatkan kesehatan mata di wilayah Sumatera Utara, khususnya Tapanuli Selatan, dan terkhusus lagi Batangtoru dan wilayah sekitarnya,” ujar Rahmat.

Sebelum operasi katarak dimulai, PTAR mengadakan Pekan Informasi dan Kesehatan Mata pada 12 September 2022 di Sopo Daganak, Batangtoru, untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat dalam menekan prevalensi buta katarak.

PTAR Bersama dengan pihak Dinas Kesehatan Tapanuli Selatan akan melakukan sosialiasi dan pendataan kepada warga untuk mengurangi rasa takut masyarakat terkait operasi katarak. Operasi katarak tahun ini yang merupakan putaran ke-8 menargetkan 600 mata.

Operasi katarak akan diadakan di Rumah Sakit (RS) Bhayangkara di Kecamatan Batangtoru, Tapanuli Selatan. Jadwal operasi yakni 14 September, 24 September, dan 15 Oktober. Pendaftaran dan pemeriksaan mata sekaligus dapat dilakukan langsung di RS Bhayangkara setiap hari kerja.

Nantinya operasi katarak dilanjutkan di Medan, tepatnya di RS Khusus Mata Mencirim Tujuh Tujuh Medan, dengan jadwal operasi pada 22 Oktober, 12 November, dan 23 November.

Warga Padangsidimpuan, Asnah Tanjung, mengatakan operasi katarak dari PTAR yang diikutinya pada 2017 telah membuat kedua matanya pulih. Ia bahkan bisa beraktivitas secara mandiri.

Hasil Survei Kebutaan Rapid Assessment of Avoidable Blindness (RABB) tahun 2014-2016 menunjukkan bahwa prevalensi kebutaan di lndonesia mencapai 3%. Sebanyak 77,7% penyebab utama kebutaan dan gangguan penglihatan terbesar adalah katarak yang tidak dioperasi. Sementara, prevalensi kebutaan akibat katarak di Indonesia 1,9%.

Di Sumatra Utara, hampir 80% kebutaan pada penduduk usia 50 tahun ke atas disebabkan katarak yang tidak dioperasi. (*)




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x