Kompas TV regional berita daerah

Harga BBM Naik, Sejumlah Kebutuhan Pokok Ikut Naik

Kompas.tv - 9 September 2022, 10:05 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Harga sejumlah kebutuhan pokok di pasar tradisional merangkak naik, pasca kenaikan harga BBM bersubsidi diumumkan.

Di seluruh pasar tradisional di Yogyakarta, termasuk di Pasar Besar Beringharjo, Yogyakarta, sejumlah komoditas kebutuhan pokok mengalami kenaikan harga. Dan yang paling mencolok terjadi pada komoditas cabai serta sayuran, dimana rata-rata kenaikan harganya berkisar antara 20 hingga 40 persen.

Untuk harga cabai merah keriting misalnya, dari semula hanya berkisar Rp 50.000 per kilogram, kini naik menjadi Rp 80.000 per kilogram. Sementara cabai rawit merah dari harga Rp 40.000 per kilogram, kini naik menjadi Rp 50.000 per kilogramnya. Untuk mengakali kenaikan harga, konsumen terpaksa mengurangi pembelian.

"Cabai-cabaian, cabai keriting, cabai rawit, sama keriting, sama teropong itu juga naik, timun, dan sebagian sayuran tertentu juga naik. Iya, saya kulakan dan sudah mulai ada kenaikan lagi. Dan itu, di pusatnya sana sudah mulai pengurangan barang juga," ujar Ida Habibah, pedagang.

"Biasanya yang merah ini kayanya Rp 40.000 an jadi Rp 65.000. Ya, yang dulunya beli satu kilo, sekarang dikurangin," ujar Tri Rahayu, pembeli.

Selain cabai, sayuran juga menjadi salah satu komoditas pertanian yang mengalami peningkatan harga akibat imbas kenaikan harga Bahan Bakar Minyak.

#yogyakarta #kebutuhanpokok #bbm



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x