Kompas TV regional berita daerah

Ganjar Bawa Jateng Jadi Percontohan EBT Tingkat Nasional

Kompas.tv - 1 September 2022, 14:52 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sukses membawa Provinsi Jawa Tengah menjadi percontohan pengembangan energi baru terbarukan tingkat nasional. Secara khusus Ganjar diundang oleh Institut for Essentiol Service Reform (IESR) untuk sharing keberhasilan pengembangan energi baru dan terbarukan dalam rangkaian acara G20 side Event dan Energy Transition Working Group (ETWG) meeting di Bali.

Direktur Eksekutif IESR Febby Tumiwa dalam acara sharing terkait pengembangan energi baru dan terbarukan mengatakan, EBT di Indonesia tidak akan bisa dilakukan tanpa adanya komitmen kuat dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Salah satu daerah yang dianggap memiliki komitmen kuat untuk pengembangan energi baru dan terbarukan adalah Jawa Tengah. Dibawah kepemimpinan Ganjar Pranowo, Jawa Tengah merencanakan pembangunan energi di daerah-daerah. Selain itu, rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Jateng konsentrasinya juga pada energi baru dan terbarukan, sehingga perlu menjadi contoh provinsi lain.

Sementara itu, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengatakan, Jateng memilik banyak potensi energi terbarukan yang belum dioptimalkan, seperti panas matahari, gas rawa, geothermal, angin dan ai,  yang tersebar di banyak daerah wilayah Jateng.

Dari data Dinas ESDM Jateng, lebih dari dari 2.000 desa di Jateng telah mandiri energy dengan memanfaatkan EBT di daerahnya masing-masing.  Banyak daerah bangunan di Jawa Tengah yang sudah menggunakan tenaga surya dan memanfaatkan berbagai energi alternatif seperti surya, gas rawa, gas metan, tenaga air dan sebagainya. hal itu akan terus digenjot agar lebih maksimal.

#ganjarpranowo #jawatengah #gubernurjateng

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x