Kompas TV regional berita daerah

Tukar Sampah Botol Plastik dengan Telur Ayam

Kompas.tv - 31 Agustus 2022, 14:43 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Di tengah harga telur ayam yang melambung, siapa sangka sampah botol plastik ternyata bermanfaat. Di stand Dinas Permukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, warga rela antre untuk bisa mendapatkan telur ayam hanya dengan memenuhi syarat membawa sampah botol plastik. Setiap dua botol plastik ditukar dengan satu butir telur ayam, dan warga yang melakukan penukaran dibatasi sehari hanya satu kali penukaran.

"Telur sekarang masih mahal ya, jadi lumayan. Ngumpulin botol dari rumah, bekas konsumsi kita sehari-hari, dapat telur," ujar Sinta, warga.

Ide program penukaran sampah botol plastik dengan telur ayam berawal dari Dinas Permukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Pekalongan yang ingin mengedukasi masyarakat, bahwa sampah botol plastik dapat didaur ulang. Sekaligus sebagai ajang membantu masyarakat di tengah mahalnya harga telur ayam.

Dinas Permukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Pekalongan menyediakan 200 sampai 250 butir telur setiap hari. Sementara program tukar botol plastik dengan telur sendiri dimulai pada 25 Agustus 2022 dan berakhir 30 Agustus 2022.

#telur #botolplastik #pekalongan


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x