Kompas TV regional berita daerah

Pelepasliaran 16 Landak Jawa di Gunung Merapi

Kompas.tv - 29 Agustus 2022, 10:20 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SLEMAN, KOMPAS.TV - Sebanyak 16 ekor Landak Jawa dilepasliarkan di Lereng Gunung Merapi, Sleman, Yogyakarta. Pelepasliaran 16 ekor Landak Jawa dilakukan oleh Yayasan Konservasi Alam Yogyakarta bersama Wildlife Rescue Centre Selasa (23/8/2022) siang. 

Kawasan Goa Jepang di Objek Wisata Tlogo Nirmolo Sleman dipilih menjadi lokasi pelepasliaran hewan dilindungi ini. Selain dianggap aman dari kegiatan perburuan liar, kawasan yang menjadi bagian dari Taman Nasional Gunung Merapi ini sejatinya adalah habitat asli dari Landak Jawa.

Sebelumnya, hewan dengan nama latin Hystrix Javanica ini disita aparat polisi dari sejumlah pedagang ilegal di Kawasan Gunung Merapi. Oleh polisi, Landak Jawa ini kemudian dititipkan ke Yayasan Konservasi Alam Yogyakarta dan Wildlife Rescue Centre, untuk dilatih hidup di alam bebas.

"Kita melepas 16 ekor Landak Jawa, itu hasil sitaan dari Magelang 14 ekor, dari yogyakarta 2 ekor," ujar Tarko Sudiarno, Ketua Yayasan Konservasi Alam Yogyakarta.

Selain dihadiri para pemerhati lingkungan dan perwakilan warga setempat, pelepasliaran 16 ekor Landak Jawa ini disaksikan juga oleh petugas BKSDA DIY dan petugas Taman Nasional Gunung Merapi. Kedua instansi pemerintah ini pun memberikan jaminan keamanan bagi hewan-hewan yang dilepasliarkan di Kawasan Gunung Merapi.

#landakjawa #gunungmerapi #sleman

 




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x