Kompas TV regional berita daerah

Damkar Serbabisa, Padamkan Api Hingga Evakuasi Sarang Tawon

Kompas.tv - 26 Agustus 2022, 13:17 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Petugas pemadam kebakaran atau Damkar merupakan salah satu profesi dibidang pelayanan masyarakat. Petugas Damkar tidak hanya bertugas ketika ada musibah kebakaran, namun juga membantu masyarakat dalam mengatasi berbagai situasi yang mendesak dan membahayakan.

Seperti aksi yang dilakukan oleh petugas Pemadam Kebakaran Kota Semarang yang mengevakuasi sarang tawon yang dilaporkan meresahkan warga. Berbekal peralatan yang sudah dimiliki dinas pemadam kebakaran, tim rescue yang berjumlah lima orang ini berangkat malam hari untuk mengevakuasi sarang tawon yang cukup besar. Dengan menggunakan dua metode dan menggunakan alat pelindung diri lengkap, tim rescue melakukan evakuasi sarang tawon.

Tim rescue mengevakuasi sarang tawon dengan menyumbat lubang masuk dan keluar lalu membakar sarang tawon yang berada di ketinggian. Proses evakuasi pun berjalan dengan aman, terkendali dan tidak menimbulkan korban luka sengatan.

"Kita melakukan evakuasi sarang tawon di SMA N 7 Semarang. Memilih malam hari karena itu efektif, malam hari tawon pada di sarang," ujar Sury Abudi Wirawan, Ketua Tim Rescue Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang.

Upaya evakuasi sarang tawon yang berada di lingkungan sekolah dan rumah warga yang dilakukan oleh petugas pemadam kebakaran mendapat apresiasi dari masyarakat. Pasalnya, sarang tawon dengan jenis tawon vespa ini dinilai sangat meresahkan dan membahayakan.

"Tadi kami lapor damkar bahwa di salah satu ruang SMA N 7 Semarang ada sarang tawon. Dari pihak damkar langsung merespon laporan kami dan datang ke sini," kata Rahmat, Guru SMA Negeri 7 Kota Semarang.

Semua orang tahu, petugas pemadam kebakaran memiliki tugas memadamkan kebakaran. Namun, dibalik tugas utamanya, petugas pemadam kebakaran juga memiliki banyak tugas lainnya dalam melayani masyarakat.

#damkar #semarang #sarangtawon

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x