Kompas TV regional berita daerah

BI Resmi Luncurkan Tampilan Baru Uang Rupiah Tahun Emisi 2022

Kompas.tv - 19 Agustus 2022, 13:57 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

BANDA ACEH, KOMPAS.TV - Peluncuran uang rupiah tahun emisi 2022 dengan wujud baru disaksikan oleh seluruh Bank Indonesia perwakilan daerah termasuk Aceh yang diresmikan secara virtual oleh menteri keuangan Sri Mulyani dan gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo di Jakarta.  

Tujuh pecahan uang rupiah kertas tahun emisi 2022 resmu berlaku dan diedarkan bertepatan HUT ke 77 tahun Kemerdekaan RI. 

Ketujuh pecahan uang rupiah itu diantaranya mulai dari seribu rupiah hingga seratus ribu rupiah. Peluncuran ini bagian dari evaluasi dan monitoring terhadap uang yang berlaku.  

Baca Juga: Kodam Iskandar Muda Gelar Festival Merah Putih Krueng Aceh

Peluncuran uang baru ini bertujuan untuk memberikan kualitas uang yang lebih baik, memberi kemudahan untuk menjaga, memgenali uang dari peredaran uang palsu, serta memiliki daya tahan yang lebih tinggi. 

Gambar pahlawan nasional serta tema kebudayaan Indonesia  masih di pertahankan.

Ada tiga aspek inovasi yang bisa dilihat dari peredaan uang rupiah terbaru seperti desain warna lebih tajam, unsur pengaman yang lebih andal dan ketahanan uang yang lebih baik. Teknologi ini diadopsi dari percetakan uang Internasional.  

Sementara itu seluruh uang rupiah kertas atau logam yang telah dikeluarkan sebelumnya masih tetap berlaku sepanjang belum dicabut dan ditarik dari peredaran Bank Indonesia.




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x