Kompas TV regional berita daerah

Warga Kampung Saptorenggo Pakis Ikut Semarakkan Kemerdekaan Dengan Upacara Bendera

Kompas.tv - 17 Agustus 2022, 17:34 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV-Upacara bendera tidak hanya dilakukan oleh instansi pemerintahan atau sekolah, tapi bisa juga dilakukan oleh siapa saja. Seperti yang dilakukan oleh warga di Desa Saptorenggo Pakis Kabupaten Malang.

Di hari kemerdekaan, warga kampung juga turut melaksanakan upacara bendera, Rabu (17/08/2022). Meski digelar di kampung, upacara tetap berjalan hikmat namun tetap menyenangkan.

Dengan memakai pakaian unik yang bertema pahlawan, peserta upacara mulai dari anak muda hingga orang tua terlihat antusias mengikuti upacara. Bahkan terlihat beberapa ibu rumah tangga mengikuti prosesi upacara meski sambil menggendong anaknya.

Karena berada di kampung, selain peserta, petugas upacara adalah muda mudi desa setempat. Mulai dari pengibar bendera hingga pemimpin upacara. Suroso, Ketua RW setempat yang juga menjadi pembina upacara menjelaskan bahwa, melalui upacara kemerdekaan ini, dirinya berharap warga bisa kembali mengenang jasa para pahlawan yang telah membebaskan bangsa indonesia dari penjajahan dan mengisi kemerdekaan dengan hal-hal positif.

"Tujuan kita mengenang pahlawan yang telah gugur mendahului kita dan untuk mengisi kemerdekaan," terangnya.

Usai upacara, para peserta bersama warga mengarak tumpeng keliling kampung, sebagai wujud rasa syukur atas kemerdekaan Republik Indonesia selama 77 tahun. Rencananya, upacara bendera ini akan terus digelar oleh warga kampung setiap peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x