Kompas TV regional berita daerah

Konser Rapsodia Nusantara Meriahkan HUT ke-72 Jateng

Kompas.tv - 16 Agustus 2022, 10:46 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) Jawa Tengah ke-72, sejumlah kegiatan diselenggarakan untuk memeriahkan hari spesial tersebut. Salah satunya, diadakannya konser musik di Kota Semarang.

Tepuk tangan meriah dari ribuan penonton mewarnai saat satu persatu artis tampil membawakan sejumlah  lagu bertajuk Rapsodia Nusantara. Konser tersebut berlangsung di Kelenteng Sam Poo Kong Kota Semarang, Sabtu (13/8/2022).

Konser musik dikemas dalam format orkestra yang dipadukan dengan musik gamelan dan kulintang dibawah arahan konduktor Dwiki Dharmawan bersama world peace orchestra.

Lantunan lagu yang apik yang dibawakan para artis telah memukau ribuan penonton, tak terkecuali Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang hadir dan menonton secara virtual.

"Kolaborasi seni ini, kolaborasi tokoh yang hebat-hebat ini, semuanya akan bisa bersatu. Kita tunjukkan, eh..persatuan Indonesia itu penting loh, kolaborasi itu penting loh, gotong royong itu penting loh. Dan hari ini ditunjukkan dengan konser musik ini," ucap Ganjar secara virtual.

Artis yang membawakan sejumlah lagu nasional, lagu tradisional, lagu popular dan karya musik baru, tampil memukau dan memuaskan para penonton yang hadir.

"Saya senang karena dengan world peace orchestra ini, menggabungan anak-anak dari gamelan supra dan juga kulintang, lalu dengan world peacenya menampilkan karya nusantara," ujar Sruti Respati, seniman Jawa Tengah.

Konser Rapsodia Nusantara tersebut berawal dari ide Ganjar, yang ingin mengangkat keberagaman, toleransi, semangat bangkit untuk ekonomi kreatif dan ekonomi sosial budaya, serta untuk menghibur warga Semarang dan Jawa Tengah. Hal ini dikarenakan, selama dua tahun tidak bisa menikmati konser besar karena pandemi Covid-19. Selain memperingati HUT ke-72 Jateng, konser musik tersebut juga menjadi bagian dari perayaan HUT Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia (RI).

#konsermusik #rapsodianusantara #ganjarpranowo



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x