Kompas TV regional berita daerah

Robot Pengangkut Udinus Digunakan Untuk Industri

Kompas.tv - 15 Agustus 2022, 12:31 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Universitas Dian Nuswantoro ( Udinus) Semarang mendapat kepercayaan dari pemerintah dan pihak swasta untuk melakukan riset mengenai kebutuhan sebuah industri, dalam hal ini tekstil. Udinus menciptakan robot pengangkut untuk industri yang mampu membawa beban hingga 300 kilogram. Robot yang diciptakan oleh Udinus kali ini untuk mengangkut material kain kebutuhan industri. 

Robot pengangkut ini bergerak secara otomatis mengantar kebutuhan material setiap line produksi dan sudah terintegrasi dengan pusat material konveksi pabrik setempat. Sehingga proses penyaluran material kebutuhan produksi bisa lebih efisien.

Riset dan kerjasama pembuatan robot ini berjalan sejak tahun lalu dan mulai diterapkan untuk kebutuhan pabrik sejak Mei 2022. Ke depan, robot karya kolaborasi dosen dan mahasiswa Udinus ini akan dipatenkan.

"Kami di akdemik dosen dan mahasiswa menjalankan peneltian dengan pendaan dari pemerintah dan dunia usaha. Dalam hali ini kami mengembangkan robot pengantar material jahit.," kata Heru Agus Santoso, Dekan Fakultas Teknik Udinus.

"Jadi kita berharap bisa menambah dari jurusan sebelah, seperti jurusan industri, agar lebih mudah pendisainan produk yang kita buat," ujar Cahyo Kartiko, mahasiswa Teknik Elektro Udinus.

Robot yang berhasil diciptakan oleh mahasiswa Udinus ini mampu menggantikan tenaga manusia dalam pengangkutan barang saat proses produksi. Diharapkan robot terus dikembangkan, agar semakin mempermudah dalam dunia usaha.

Ke depan pihaknya berharap lebih banyak lintas jurusan yang dilibatkan para capstone design tersebut, sehingga lebih banyak sharing ilmu yang didapat antar mahasiswa.

#robot #udinus #semarang

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x