Kompas TV regional berita daerah

Robot Karya Udinus Digunakan Dunia Industri

Kompas.tv - 12 Agustus 2022, 21:38 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Dekan Fakultas Teknik Udinus Semarang, Heru Agus Santoso, mengatakan, Udinus mendapat kepercayaan dari pemerintah dan pihak swasta untuk melakukan riset mengenai kebutuhan sebuah industri, dalam hal ini tekstil. Robot yang dibuat kali ini untuk mengangkut material kain kebutuhan industri setempat. 

 

Robot ini bergerak secara otomatis mengantar kebutuhan material setiap line produksi dan sudah terintegrasi dengan pusat material konveksi pabrik setempat. Sehingga proses penyaluran material kebutuhan produksi bisa lebih efisien, sebab pabrik telah melakukan perluasan hingga tiga kali lipat.

 

Riset dan kerjasama pembuatan robot ini sudah sekitar berjalan sejak tahun lalu dan mulai diterapkan ke industri tersebut sejak mei 2022, dan hasil riset ini juga sekaligus hasil tugas akhir para mahasiswa. Kedepan, robot karya kolaborasi dosen dan mahasiswa Udinus ini akan dipatenkan.

 

Pihaknya mengaku hanya terKendala motor penggerak robot tersebut. Sebab harus mampu mengangkat beban hingga tiga ratus kilogram. Saat ini sudah ada dua robot yang digunakan oleh industri tekstil di klaten tersebut. Namun rencananya tahun ini akan kembali ditambah robot dengan spesifikasi diatas robot yang saat ini sudah berjalan.

 

Kedepan pihaknya berharap lebih banyak lintas jurusan yang dilibatkan para capstone design tersebut, sehingga lebih banyak sharing ilmu yang didapat antar mahasiswa.




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x