Kompas TV regional berita daerah

Ayam Hias Ekor Lidi Pamerkan Keindahan

Kompas.tv - 12 Agustus 2022, 11:16 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Unggas jenis ayam, memiliki beragam jenisnya, seperti ayam kampung, ayam kate, ayam cemani, ayam bekisar, ayam bangkok dan salah satunya lagi adalah ayam ekor lidi. Ayam jenis ini sebelumnya adalah jenis ayam sering diadu sehingga ada pro dan kontra.

 

Ayam ekor lidi, tidak lagi diadu maupun hanya dikonsumsi, namun lebih untuk dipamerkan keindahannya menjadi ayam hias. Komunitas pecinta ayam ekor lidi ini sudah mulai banyak di berbagai daerah di indonesia.

 

Dinamakan ayam ekor lidi, karena bagian ekor lurus dan panjang hingga sekitar 50 CM. Jenis yang bagus adalah badan terlihat tegap, bersih, bulu terawat bagus, kondisi kesehatan ayam terjaga, dan penampilan menarik.

 

Seperti dilakukan Komunitas Pecinta Ayam Lidi Indonesia, Kopali di Pekalongan, melakukan adu kontes nasional ayam ekor lidi. Ratusan ayam afri berbagai daerah di indonesia seperti, Banyuwangi, Madura, Pekalongan, Pemalang, Surabaya, Semarang, Bandung, Jakarta dan lainnya ikut kontes kali ini. Kontes dalam rangka menyambut hut ri ke 77 juga sekaligus HUT Kabupaten Pekalongan yang ke 400 tahun.

 

Kontes ayam hias ekor lidi ini diikuti 104 peserta dari Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur dan Madura. Kontes memperebutkan total hadiah sebesar Rp 9 juta untuk juara 1, 2 dan 3 kelas A dengan berat ayam 3,5 kilogram ke atas. Selain itu juga untuk kelas B berat ayam 3,3 kilogram ke bawah.

 

Dengan penyelenggaraan kontes nasional di Kabupaten Pekalongan, diharapkan akan menarik minat lebih banyak pecinta ayam hias ekor lidi ke dalam Kopali Kabupaten Pekalongan.




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x