Kompas TV regional berita daerah

Animo Warga Saksikan Pameran dan Kontes Bonsai Nasional

Kompas.tv - 9 Agustus 2022, 14:27 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

KOMPAS.TV, LAMPUNG – Ratusan bonsai dari berbagai daerah se-Indonesia ditampilkan dalam Pameran dan Kontes Pohon Bonsai Nasional Begawi II di Kota Bandar Lampung.

Kegiatan yang dibuka sejak 2 Agustus lalu ini pun mendapat antusias dari masyarakat yang datang tidak hanya dari lampung tetapi juga dari luar daerah untuk menyaksikan.

Pengunjung kontes menilai bonsai memiliki nilai keunikan dan keindahan tersendiri dibanding tanaman hias lainnya.

“Bonsai ini dari bentuknya saja sudah bagus, ya, dibanding tanaman-tanaman yang lain,” ujar Yuni warga.

Baca Juga: Warga Resah dengan Kemunculan Buaya Muara

Sementara, panitia penyelenggara kontes mengatakan setidaknya ada sebanyak 375 pohon bonsai yang ditampilkan.

Selain itu, dalam kontes yang digelar, tanaman bonsai dikelompokkan dalam 4 kategori, mulai dari prospek, pratama, madya, dan utama yang penilaiannya oleh juri dilihat dari sisi penampilan, gerak dasar, keserasian hingga kematangan tanaman bonsai.

Nantinya, pohon bonsai yang menyabet gelar juara ini akan memiliki nilai jual yang fantastis atau senilai ratusan juta hingga miliaran rupiah.

“Kami ini di Bandar Lampung sengaja mencari kualitas pohon dari pada kuantitas,” ujar Agum Ketua Panitia Kontes Bonsai Nasional.

Baca Juga: Pernikahan Pria 19 Tahun dengan Dua Remaja Tidak Tercatat di KUA

Pameran bonsai ini akan digelar selama 4 hari oleh Perhimpunan Penggemar Bonsai Indonesia bersama Satuan Brigif 4 Marinir BS Lampung.

Dengan adanya pameran dan kontes bonsai nasional yang digelar setiap tahunnya ini tentu diharapkan dapat menggaungkan tanaman bonsai agar lebih dikenal masyarakat sehingga mampu memberikan nilai rupiah pada setiap pengrajinya.

#kontesbonsai #tanamanhias #perhimpunanpenggemarbonsai



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x