Kompas TV regional berita daerah

Pembentukan Prodi Energi Baru Terbarukan di ITERA

Kompas.tv - 8 Agustus 2022, 12:51 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

KOMPAS.TV, LAMPUNG – Minggu (7/8/2022) kemarin, Institut Teknologi Sumatera (ITERA) mengadakan diskusi dan menjalin kerja sama terkait pengembangan program studi baru.

Kegiatan yang dilakukan bersama dengan PT Wijaya Karya (PT Wika) ini juga dilakukan bersamaan dengan 5 perguruan tinggi lainnya dari beberapa provinsi.

Dalam diskusi tersebut dilakukan pembahasan terkait program studi (prodi) baru, yaitu Energi Baru Terbarukan atau (EBT).

Saat dijumpai di lokasi, Rektor ITERA I Nyoman Pugeg Aryantha mengatakan bahwa prodi EBT  sebelumnya sudah ada di ITERA dengan nama Teknik Sistem Energi.

Baca Juga: Korupsi Dana BOKB, Kadis Perikanan Tanggamus Ditahan

Prodi tersebut bertujuan menyelamatkan dampak buruk dari perubahan iklim global akibat ketergantungan penggunaan energi fosil.

“Mungkin kalau Itera lebih ke pengembangan, ya. Nanti akan kerja sama dengan perguruan tinggi lainnya yang belum membentuk prodi yang sama. Kita harapkan gema membumikan isu penyelamatan perubahan iklim global ini bisa kita semarakkan,” ujar Nyoman.

Kepala Divisi Engineering PT Wijaya Karya Aris Rahman pun mengapresiasi dengan adanya fokus prodi pada energi terbarukan yang dibentuk.

Selanjutnya, sebagai bentuk dukungan, maka PT Wika akan siap berkolaborasi dengan setiap perguruan tinggi untuk menjamin kerja sama praktik lapangan hingga riset bagi setiap mahasiswa dan tenaga pendidik.

“Ya, jadi menurut saya energi baru terbarukan ini peluangnya besar sekali,” jelasnya.

Oleh karena itu, diharapkan dengan adanya prodi baru ini dapat melahirkan sarjana yang memiliki kemampuan dalam mengembangkan energi baru terbarukan sebagai alternatif sumber energi yang masif digunakan sehingga Indonesia terhindar dari krisis energi.

Baca Juga: Isu Penyanderaan Rektor IMPM Tidak Dibenarkan Polisi

Setidaknya, kegiatan diskusi ini diikuti oleh sejumlah perguruan tinggi, di antaranya Universitas Tanjung Pura Pontianak, Universitas HKBP Nommensen Medan, Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang, Universitas Negeri Manado, dan Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar.

Nantinya, kelima perguruan tinggi tersebut juga akan membentuk dan menggunakan penamaan atau nomenklatur yang sama dengan prodi yang ada di ITERA, yaitu prodi Teknik Sistem Energi.

#itera #energibaruterbarukan #wijayakarya



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA


Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.