Kompas TV regional berita daerah

Festival Cheng Ho Kembali Digelar dan Berlangsung Meriah di Semarang

Kompas.tv - 2 Agustus 2022, 12:06 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Festival Cheng Ho kembali digelar di Kota Semarang, Jawa Tengah. Pergelaran di tahun 2022 kali ini berlangsung meriah, setelah tahun lalu hanya terbatas untuk beberapa orang saja akibat pandemi Covid-19.

Ketua Kesenian Barongsai Satya Budi Dharma, Thio Hawlie mengatakan, gelaran ini merupakan peringatan kedatangan Yang Mulia Kongco Sampo Tay Djien, atau yang lebih dikenal dengan nama Laksamana Cheng Ho ke Kota Semarang yang ke 617 tahun. Kirab budaya peringatan tersebut dilakukan sejak subuh, dan diakhiri petang hari.

Arak-arakan kirab budaya yang terdiri dari replika Laksamana Cheng Ho serta rombongan barongsai dari perwakilan klenteng di Jawa Tengah hingga Jawa Barat, berangkat dari Klenteng Tay Kak Sie menuju Klenteng Sam Poo Kong. Para warga sangat antusias menyambut festival tersebut.

Saat petang hari, arak-arakan kirab budaya kembali ke Klenteng Tay Kak Sie, dan mampir ke sejumlah klenteng kecil yang ada di sekitarnya. Agenda rutin tersebut dilaksanakan setiap tahun. Namun, dua tahun terakhir Festival Cheng Ho dilaksanakan tanpa ada arak-arakan karena pandemi Covid-19.

"Dari Klenteng Tay Kak Sie berangkat ke Klenteng Sam Poo Kong Jalan Simongan, Semarang, dengan kirab jalan kaki, kirab budaya," jelas Thio Hawlie.

Festival Cheng Ho diharapkan bisa memberikan hiburan dan mendongkrak pariwisata di Jawa Tengah.

#festivalchengho #sampookong #semarang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x