Kompas TV regional berita daerah

Tradisi Petik Laut, Hasil Bumi Dilarung Sebagai Simbol Syukur

Kompas.tv - 1 Agustus 2022, 18:10 WIB
Penulis : KompasTV Madiun

JEMBER, KOMPAS.TV - Warga pesisir pantai selatan Pasir Putih Malikan, Jember, Jawa Timur, gelar tradisi petik laut dengan melarung aneka sesaji hasil bumi ke tengah laut, Sabtu (30/7/2022) siang. Larung sesaji ini sebagai wujud rasa syukur terhadap sang pencipta atas pemberiannya. Ribuan wisatawan memadati ritual sambut tahun baru islam ini sebagai bentuk edukasi yang harus dilestarikan.


Beragam hasil bumi, sesaji dan hasil komoditi laut selatan dilakukan arak arakan sepanjang pantai dan juga hamparan pasir putih sepanjang kurang lebih 1,5 kilometer.

Ratusan warga dari berbagai usia turut mengiringi kegiatan ini dengan menggunakan pakaian adat tradisional berikut tari tarian tradisional.

Ritual arak arakan hasil bumi berhenti di sebuah titik hamparan pasir putih diantara ratusan perahu yang terparkir dengan menggelar ritual doa yang dipercayta sebagai tempat singgah penguasan pantai selatan pada jaman dahulu.

Tradisi yang memadukan kesenian daerah, adat istiadat dan agama merupakan bentuk rasa syukur tanpa mengurangi ajaran agama sebagai bentuk wujud ras syukur kepada sang pencipta dan juga menyambut tahun baru Islam.

Tradisi petik laut dan larung sesaji merupakan bentuk tradisi lokal warga pesisir pantai selatan, sekaligus sebagai bentuk edukasi dan hiburan yang terus dilestarikan.

#beritajember
#petiklautjember
#petiklaut
#pantaiselatan
#1muharram

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x