Kompas TV regional berita daerah

SIAPIK Jengot Inovasi Mahasiswa IPB, Memudahkan Layanan Masyarakat

Kompas.tv - 1 Agustus 2022, 11:41 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Untuk mempermudah warga dalam mengurus surat-surat administrasi kependudukan, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Institut Pertanian Bogor (IPB) menciptakan inovasi teknologi sistem infomasi administrasi pelayanan dan statistik Kelurahan Jenggot atau SIAPIK Jenggot. Warga dapat mendownload aplikasi tersebut melalui ponsel.

Aplikasi SIAPIK sudah terhubung dengan Kelurahan Jenggot, Kota Pekalongan, Jawa Ttengah, tempat mahasiswa KKN. Warga dapat mengurus akta kelahiran, akta kematian, kartu keluarga, bahkan laporan jika terjadi sesuatu di wilayah masing-masing .

Aplikasi tersebut dibuat untuk mempermudah masyarakat dalam memangkas waktu mengurus administrasi ke kantor kelurahan. Setelah mengisi aplikasi dan mengupload file yang diinginkan, warga cukup menunggu dan mengambil langsung surat ke kelurahan.

"Jadi untuk proker launch aplikasi ini adalah tujuannya untuk mempermudah masyarakat dalam pengajuan surat. Jadi, masyarakat tidak perlu datang ke kelurahan, ngantre ke kelurahan, tetapi bisa dari rumah masing-masing," jelas Azka Al Azkiya, mahasiswa KKN IPB.

Adanya aplikasi tersebut disambut baik oleh warga, karena selama ini mereka harus datang ke kelurahan untuk mengurus administrasi kependudukan.

SIAPIK Jenggot juga menyediakan fitur infografis yang berisi visualisasi data statistik kelurahan, meliputi data geografis, kependudukan, sosial, pemerintahan dan industri. Dengan adanya infografis tersebut, bisa memudahkan masyarakat maupun perangkat kelurahan untuk melihat potensi daerahnya, dan dapat membantu merumuskan keputusan yang tepat berdasarkan data.

#siapikjenggot #inovasimahasiswa #ipb



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x