Kompas TV regional peristiwa

Status Gunung Raung Naik Jadi Waspada, Warga Dilarang Beraktivitas Radius 3 Km dari Kawah Puncak

Kompas.tv - 29 Juli 2022, 12:38 WIB
status-gunung-raung-naik-jadi-waspada-warga-dilarang-beraktivitas-radius-3-km-dari-kawah-puncak
Gunung Raung di Provinsi Jawa Timur (Sumber: Shutterstock)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Desy Afrianti

JEMBER, KOMPAST.TV — Status Gunung Raung di Jawa Timur naik dari level I normal ke level II waspada setelah erupsi dan menimbulkan hujan abu pada Rabu (27/7/2022) petang.

Hal itu sebagaimana diinformasikan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM dalam akun Twitter resminya, Jumat (29/7/2022).

"Berdasarkan hasil pemantauan dan analisis kegempaan, serta belum stabilnya kondisi kawah Gunung Api Raung maka terhitung 29 Juli 2022, pukul 08.00 WIB, tingkat aktivitas Gunung Raung dinaikkan dari Level I (Normal) menjadi Level II (Waspada)," cuit akun PVMBG.

Terkait kenaikan status ini, PVMBG mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas pada Kawasan Rawan Bencana III atau dalam radius 3 Km dari pusat erupsi di kawah puncak.

Sebab, dalam radius itu ada bahaya yang mengancam seperti aliran awan panas, gas beracun, dan aliran lava.

Baca Juga: Gunung Raung Erupsi, Kota Jember Hujan Abu


Selain itu, ada ancaman hujan abu lebat dan lontaran batu pijar berdiameter lebih dari 8 cm.

Sebelumnya, Gunung Raung yang terletak di perbatasan Banyuwangi, Bondowoso dan Jember, Rabu (27/7/2022) petang, mengalami erupsi dengan tinggi kolom abu mencapai 1500 meter.

Akibatnya, sebagian wilayah Kota Jember, Rabu malam, terjadi hujan abu.

Salah satunya di kawasan Jalan Kenanga, Kecamatan Kaliwates, Jember, Jawa Timur, yang sempat mengganggu pengendara sepeda motor.

Menurut pantauan tim KOMPAS TV Jember, material abu terlihat hampir mengotori seluruh bodi mobil yang sedang terparkir di pinggir jalan, bahkan warga mengaku merasakan pedih di wajah.

Baca Juga: Petugas Petakan Jalur Evakuasi Erupsi Gunung Raung



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x