Kompas TV regional berita daerah

Olahan Kue dan Ajarkan Siswa SD Tanam Mangrove

Kompas.tv - 27 Juli 2022, 09:43 WIB
Penulis : KompasTV Palu

DONGGALA, KOMPAS.TV - Peringati hari mangrove sedunia, Yayasan Keanekaragaman Hayati ajarkan siswa dan siswi Sekolah Dasar untuk menanam mangrove serta mengajarkan manfaatnya, tidak hanya itu sejumlah olahan kue yang berbahan dasar mangrove juga dipamerkan.

Puluhan siswa dan siswi Sekolah Dasar Negeri 15 Banawa Donggala, diajarkan cara menanam mangrove yang benar. Selain menanam, siswa juga diberikan pengetahuan tentang tanaman mangrove, diantaranya sebagai tanaman pelindung saat terjadi gelombang besar air laut.

Kegiatan ini dilakukan oleh yayasan kehati untuk memperingati hari mangrove sedunia. Beberapa kelompok pemerhati mangrove juga terlibat dalam kegiatan ini.

Donggala dipilih sebagai lokasi kegiatan dikarenakan pesisir pantai Donggala merupakan daerah konservasi sehingga sangat memungkinkan untuk budidaya tanaman mangrove.

Tidak hanya menanam mangrove di sepanjang bibir pantai Kecamatan Banawa, para pegiat mangrove ini juga mengajarkan sejumlah ibu rumah tangga untuk memanfaatkan tanaman mangrove sebagai bahan baku pembuatan kue, serta campuran kopi.

Untuk mengolah mangrove menjadi bahan baku pembuatan kue membutuhkan waktu yang lama, sebelumnya mangrove tersebut yang diambil adalah buahnya kemudian direndam beberapa kali. Untuk menghilangkan racun yang ada dibuah mangrove.

Untuk pemasaran hasil produksi dari olahan mangrove ini masih menunggu perijinan sehingga saat ini belum dipasarkan secara umum .

#Mangrove #YayasanKeanekaragamanHayati #OlahanMangrove 




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x