Kompas TV regional berita daerah

Sosialisasi Implementasi Kartu Tani Di Provinsi Sumatera Selatan

Kompas.tv - 21 Juli 2022, 21:45 WIB
sosialisasi-implementasi-kartu-tani-di-provinsi-sumatera-selatan
Penyerahan Kartu Tani Secara Simbolis Kepada Perwakilan Petani dan Penyerahan Mesin EDC Kepada KPL (Kios Pupuk Lengkap). (Sumber: Humas BRI Regional Office Palembang)
Penulis : KompasTV Palembang

PALEMBANG, KOMPAS.TV - Berdasarkan hasil evaluasi kinerja Kartu Tani, Kementerian Pertanian melalui Surat Penugasan ke BRI menambah wilayah kerja Kartu Tani BRI yang semula 19 Provinsi menjadi 22 Provinsi di mana salah satu wilayah kerja baru adalah Sumatera Selatan. Hal ini merupakan awal terciptanya sinergi yang saling menguatkan antara Bank BRI dengan Kementerian Pertanian yang dalam hal ini diwakilkan oleh Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH) Provinsi Sumatera Selatan.

Sebagai langkah awal tindak lanjut sinergi, telah dilaksanakan Kegiatan Sosialisasi Implementasi Kartu Tani Provinsi Sumatera Selatan pada Kamis 21 Juli 2022 di Kantor BRI Regional Office Palembang yang dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian TPH dari 17 Kabupaten/Kota, perwakilan Kios Pupuk Lengkap (KPL), Perwakilan Petani, PT Pupuk Indonesia, dan PT Pupuk Sriwijaya. Selain itu dalam kesempatan yang sama dilakukan penyerahan kartu tani secara simbolis kepada perwakilan Petani dan penyerahan mesin EDC kepada KPL (Kios Pupuk Lengkap) yang sekaligus menjadi agen Laku Pandai untuk mendekatkan petani mendapatkan layanan keuangan.

Sampai dengan saat ini, Jumlah kartu Tani tercetak untuk 17 Kabupaten/Kota sebanyak 407.657 kartu dan saat ini sedang salam proses pembagian kartu kepada petani secara bertahap. Sementara mesin EDC yang siap disalurkan kepada pemilik Kios Pupuk Lengkap (KPL) sebanyak 150 Mesin dan sisanya akan dipenuhi secara bertahap.

Kegiatan sosialisasi implentasi Kartu Tani sebagai salah satu bentuk percepatan penyaluran Kartu Tani. Sesuai dengan fungsi Kartu Tani selain sebagai alat untuk monitoring penebusan Pupuk Bersubsidi, kemudahan akses layanan jasa perbankan juga sebagai sarana yang efektif untuk menentukan kebijakan serta monitoring dan evaluasi program pemerintah.

Perihal kemudahan layanan jasa perbankan, melalui jaringan kerja Bank BRI yang tersebar dan terbesar sehingga memungkinkan seluruh penerima Kartu Tani dapat menikmati fasilitas layanan jasa perbankan dan permodalan usaha hingga pelosok di remote area. Terkait hal tersebut, meratanya penyaluran Kartu Tani menjadi sarana untuk kegiatan literasi dan inklusi keuangan bagi Petani secara optimal.

Melalui Kegiatan Sosialisasi ini, Bank BRI berkomitmen bersama Dinas Pertanian TPH Provinsi Sumatera Selatan akan mendukung Program Kartu Tani sebagai sarana penebusan Pupuk Bersubsidi untuk petani Di Provinsi Sumatera Selatan sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan Petani dan memenuhi terwujudnya asas 6 Tepat + 1 Pupuk Subsidi yaitu: Tepat Jenis, Tepat Jumlah, Tepat Harga, Tepat Tempat, Tepat Waktu, Tepat Mutu, dan Tepat Sasaran.



Sumber : Kompas TV Palembang


BERITA LAINNYA



Close Ads x