Kompas TV regional berita daerah

Pj Gubernur Sulbar Akmal Malik Akan Perbaiki Akses Jalan ke Sekolah di Pelosok

Kompas.tv - 16 Juli 2022, 21:26 WIB
pj-gubernur-sulbar-akmal-malik-akan-perbaiki-akses-jalan-ke-sekolah-di-pelosok
Pemantauan kondisi sekolah merupakan wujud perhatian dari Akmal Malik terhadap kondisi sekolah yang sempat viral lantaran sejumlah murid yang bersekolah di tempat itu mengajukan keluhan kepada Preside RI Joko Widodo melalui media sosial.  (Sumber: Humas Provinsi Sulbar)
Penulis : KompasTV Makassar

MAMASA, KOMPAS TV - Pj Gubernur Sulbar Akmal Malik memantau kondisi Sekolah Dasar (SD) Negeri 010 Saluang di Kecamatan Mambi, Kabupaten Mamasa, Sabtu (16/7/2022). 

Pemantauan kondisi sekolah merupakan wujud perhatian dari Akmal Malik terhadap kondisi sekolah yang sempat viral lantaran sejumlah murid yang bersekolah di tempat itu mengajukan keluhan kepada Preside RI Joko Widodo melalui media sosial. 

Para murid mengeluhkan kalau guru di SD Negeri 010 Saluang jarang masuk mengajar. 

Fakta baru juga didapatkan Akmal Malik setelah meninjau sekolah yang dimakdsud. Sekolah tersebut diketahui hanya memiliki 11 siswa aktif. sangat jauh dari kondisi ideal operasional belajar mengajar sebuah sekolah. 

“Tapi kami tetap akan memberikan perhatian terkait aktivitas belajar para murid di SD Negeri 10 Saluang ini, walaupun jumlah siswa minim. Ini tanggungjawab bersama menjaga agar anak mendapat layanan pendidikan yang baik,” ujar Akmal Malik. 

Lebih lanjut, Akmal Malik meminta Pemkab Mamasa melakukan evaluasi dan mempertimbangkan opsi penggabungan SD Negeri 010 Saluang dengan sekolah lain yang memiliki murid lebih banyak dan aktivitas belajarnya berjalan lancar. 

Diketahui, berdasarkan ketentuan yang ada pendirian dan operasional sebuah sekolah seharusnya terdapat minimal 60 siswa. 

"Siswa aktif hanya 11, sekolahnya tidak memadai makanya bisa dipertimbangkan untuk digabungkan dengan sekolah terdekat,"ujar Direktur Jenderal (Dirjen) Otonomi Daerah, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) ini.

Sekolah terdekat dari SD Negeri 010 Saluang diketahui berjarak sekitar tiga kilometer. Namun, Akmal menegaskan opsi pemindahan tentunya dibarengi pula dengan perbaikan fasilitas sekolah dari pemerintah. 

“Itu tugasnya pemerintah. Apakah ada bantuan kendaraan sekolah atau lainnya. Harus ada solusi yang diberikan, karena itu tanggungjawab pemerintah," tegas Akmal.

Terkait akses jalan, Akmal menyebutkan, kalau jalan menuju sekolah SD Negeri 010 Saluang atau di Kecamatan Mambi ini merupakan jalan strategis provinsi. Sehingga dirinyapun berjanji untuk mempelajari kecukupan APBD dan mempertimbangkan untuk melakukan perbaikan akses jalan ke SD Saluang. "Kita pelajari dulu anggaran, agar mobilitas lebih baik,"ungkapnya. (*)



Sumber : Kompas TV Makassar


BERITA LAINNYA



Close Ads x