Kompas TV regional berita daerah

Tak Dapat Siswa Baru, SD Sugihan 03 Dirikan TK Rintisan Gratis

Kompas.tv - 14 Juli 2022, 16:20 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KAB.SEMARANG, KOMPAS.TV - SD Negeri Sugihan 03 yang berada di Desa Sugihan, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, hingga kini belum mendapatkan siswa baru. Tak ada satupun warga desa setempat yang mendaftarkan siswa baru di sekolah tersebut.

Kekurangan siswa ini sebenarnya sudah terjadi beberapa tahun terakhir. Bahkan, siswa yang ada mulai dari kelas dua hingga kelas enam SD jumlah totalnya hanya 30 siswa. Puncaknya tahun ini, dimana sekolah ini sama sekali tidak mendapatkan siswa baru.

Menurut Septina Ika Kadarsih, Kepala SD Negeri Sugihan 03, beberapa faktor yang menyebabkan sekolahnya tidak mendapatkan siswa baru diantaranya lokasi sekolah yang jauh dari pemukiman warga, sedikitnya anak usia sekolah dan adanya sekolah lain, baik negeri maupun swasta yang ada di sekitar.

"Kelas satu tahun ini tidak ada murid baru, total seluruh siswa ada 30. Tidak ada murid baru karena sekolah jauh dari pemukiman, anak usia sekolah tahun ini tidak ada, kalaupun ada rumahnya lebih dekat ke sekolah lain," kata Septina.

Meski tahun ini tidak mendapat siswa baru, namun pihak sekolah tetap membuat program agar tahun depan ada siswa baru yang mendaftar. Salah satunya dengan cara membuat TK rintisan, dimana pihak sekolah mendirikan TK di lingkungan SD Negeri Sugihan 03. Siswa ini akan mendapat fasilitas secara gratis, diantaranya sepatu, seragam, tas, alat tulis hingga uang bulanan siswa. Namun, siswatk ini nantinya harus masuk juga di SD Negeri Sugihan 03. Rintisan ini sudah dimulai dan saat ini sudah ada tujuh murid yang bersekolah di TK rintisan tersebut.

#semarang #sdsugihan #desasugihan

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x