Kompas TV regional berita daerah

Lapak Ganjar Bikin Sukses UMKM di Malang

Kompas.tv - 11 Juli 2022, 11:09 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

MALANG, KOMPAS.TV - Berawal dari hobi melukis, Maya, perempuan asal Malang, Jawa Tengah, berhasil mendirikan Diajeng Maya Art and Craft pada tahun 2015. Ia mengaku, berani mendirikan usaha ini setelah yakin dengan kemampuannya yang berhasil menjadi juara favorit karya lukis keramiknya diajang lomba souvenir yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kota Malang.

Aneka lukisan dari berbagai media ditawarkannya, mulai dari glass painting, tas lukis, hijab, masker lukis, kain lukis, serta daun lukis. Namun, usahanya yang sudah ditekuni beberapa tahun itu nyaris tumbang karena dihantam pandemi Covid-19. Bahkan, pada bulan puasa penjualannya juga sepi permintaan.

Maya terus berinovasi memanfaatkan kondisi Covid-19 dengan membuat masker lukis. Selain dibutuhkan untuk protokol kesehatan, masker produksinya sangat fashionable untuk digunakan.

Saat itu, Maya melihat Lapak Ganjar membuat postingan masker edisi pancasila di akun instagram. Lantas ia iseng membuat masker lukis burung garuda dan pulau Indonesia. Bagai peribahasa Gayung bersambut, produksi Maya lalu direpost di insta story Lapak Ganjar. Setelah postingan tersebut, orderan pun mengalir, dan omzet produk masker lukis naik hingga 80 persen.

"Diuplo sama Pak Ganjar itu saya meningkat sampai 80 persen untuk masker lukis. Selain itu juga waktu itui keramik lukis, saya mendapat orderan dari Keraton Surakarta," ujar Maya.

Pesanan masker lukis produksinya tak hanya datang dari sejumlah wilayah di Indonesia, namun juga dari luar negeri, diantaranya datang dari Amerika. Kebanyakan pemesan dari Amerika adalah warga Indonesia di Amerika yang ingin memperkenalkan kekayaan budaya tanah air.

Lantaran Lapak Ganjar dirasa memberikan manfaat yang signifikan, Maya kembali ikut mempromosikan produk keramik lukis di edisi lain. Oderanpun mengalir, termasuk dari Keraton Surakarta yang juga memasan produk keramik lukis produksinya.

Karena banyaknya orderan, Maya akhirnya menggandeng kumpulan pelukis di Malang Raya untuk berproduksi. Selain bisnis, Maya ingin mengampanyekan Indonesia melalui gambar pada produk-produknya, yakni berciri khas Indonesa, dari adat budaya serta flora dan fauna.

#lapakganjar #umkm #lukisan



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.