Kompas TV regional berita daerah

23 SMP Negeri di Klaten Belum Memenuhi Kuota Peserta Didik

Kompas.tv - 11 Juli 2022, 10:07 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KLATEN, KOMPAS.TV - Sebanyak 23 sekolah menengah pertama negeri (SMPN) di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, dinyatakan belum memenuhi kuota peserta didik.

Hal ini dinyatakan oleh Sub Koordinator Kurikulum dan Penilaian Bidang SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten, Bintang Agastya. Di Kabupaten Klaten, jumlah SMPN mencapai 65 sekolah, dan yang sudah memenuhi kuota peserta didik sebanyak 42 sekolah. Sementara sisanya 23 SMP Negeri belum memenuhi kuota, atau kekurangan peserta didik baru, dan tersebar merata di 17 kecamatan, dengan jumlah kekurangan kuota bervariasi. Untuk memenuhi kuota peserta didik, Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten pun memperpanjang masa pendaftaran sampai dengan masuk tahun ajaran baru.

"Dari hasil data hari terahir kemarin. Tanggal 30 Juni kan off, kita close engine itu sekitar jam 20.00 WIB. Setelah kita melakukan verifikasi data, itu memang ada 23 sekolah negeri di Kabupaten Klaten yang belum terpenuhi kuotanya," kata Bintang.

Beberapa faktor penyebab banyaknya sekolah menengah negeri di Kabupaten Klaten yang kekurangan siswa dimungkinkan karena didekat sekolah yang bersangkutan ada sekolah swasta, atau dimungkinkan di wilayah tersebut lulusan sekokah dasar tidak begitu banyak. Selain itu, juga dimungkinkan karena faktor calon siswa memiliki pilihan sekolah lain.

#klaten #smpn #dinaspendidikan

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x