Kompas TV regional berita daerah

Warga Binaan Senang Bisa Kembali Dibesuk Tatap Muka

Kompas.tv - 8 Juli 2022, 13:37 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

KOMPAS.TV, LAMPUNG – Setelah dua tahun lamanya ditiadakan jam besuk secara langsung, kini warga binaan di Lapas Kelas 1A Rajabasa, Bandar Lampung, akhirnya dapat bertemu keluarga.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Lapas Kelas 1A Rajabasa Bandar Lampung Maizar. Dirinya mengatakan, jam besuk tatap muka yang sifatnya masih dalam uji coba ini sudah dilakukan selama 5 hari terakhir.

Kendati demikian, terdapat sejumlah syarat yang mesti dipenuhi oleh keluarga yang hendak membesuk, yakni sudah melakukan vaksinasi dosis lengkap hingga booster atau memiliki surat rapid tes dan keterangan dokter bagi yang tidak bisa vaksin.

Baca Juga: Warga Binaan Lapas Produksi Roti Bernilai Ekonomi

Lalu, keluarga yang hendak membesuk harus melewati berbagai tahap pemeriksaan data diri hingga barang bawaan.

Selain itu, penerapan protokol kesehatan (prokes) juga tetap dilakukan, mulai dari mengenakan masker, cek suhu tubuh hingga mencuci tangan sebelum dan saat berada di ruang besuk.

“Kita mulai dari hari Senin kemarin. Sebelumnya, Sabtu kita sudah sosialisasikan ke narapidana bahwa kita akan coba memulai adakan kunjungan tatap muka dengan pihak keluarga. Tentunya dengan persyaratan-persyaratan tertentu,” ujarnya.

Sebelumnya, jadwal kunjungan jam besuk sendiri ditiadakan lantaran akibat tingginya penyebaran virus Covid-19.

Baca Juga: Sakit Paru dan Tenggorokan, Balita Butuh Bantuan

Namun kini, jam besuk warga tahanan secara tatap muka dapat dilakukan satu hari dalam seminggu dan hanya diperbolehkan bagi keluarga inti, seperti orang tua, istri, dan anak.

#kunjunganlapas #syaratbesuktahanan #covid-19



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x