Kompas TV regional berita daerah

Sebanyak 14.000 Penari Gugur Gunung, Pecahkan Rekor Muri

Kompas.tv - 8 Juli 2022, 11:34 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

MAGELANG, KOMPAS.TV - Sekitar 14.245 peserta yang berasal dari berbagai daerah, sukses membawakan Tari Gugur Gunung. Pagelaran Tari Gugur Gunung dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara Ke-76 ini dilaksanakan oleh Kepolisian Resort Magelang Kota, di Alun-alun Kota Magelang, Kamis (7/7/2022) siang.

Tampak hadir Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi, bersama dengan jajaran Forkopimda Kota Magelang, yang juga ikut memeriahkan pesta kesenian rakyat tersebut.

Dengan jumlah peserta mencapai 14.000 lebih tersebut, Tari Gugur Gunung masuk ke dalam rekor MURI nomor 10.416, yang dibacakan dan diserahkan secara langsung oleh Sri Widayati, Senior Manager Muri.

"Dikukuhkan sebagai rekor dunia. Baiklah akan saya bacakan piagam penghargaan Museum Rekor Dunia Indonesia Nomor 10.416/R.MURI/VII/2022 dianugerahkan dengan bangga kepada Polres Magelang Kota," tutur Sri Widayati.

Menurut Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi, kegiatan tersebut bertujuan untuk mempersatukan masyarakat melalui kesenian.

Kapolres Magelang Kota, AKBP Yolanda Evalyn Sebayang menjelaskan, dipilihnya Tari Gugur Gunung karena tari tersebut menggambarkan budaya bangsa yang mengutamakan gotong royong, kebersamaan, toleransi, dan hidup rukun.

"Niatan kami ini bukan hanya sekedar menari, tetapi kita bisa mengajak masyarakat, terutama kita Kota Magelang dari titik tengahnya Pulau Jawa ini kita bisa menebarkan semangat toleransi," ujar AKBP Yolanda.

Diharapkan, melalui kegiatan ini bisa meningkatkan rasa kerukunan, kebersamaan, dan melestarikan budaya bangsa oleh semua pihak.

#rekormuri #tarigugurgunung #polresmagelangkota

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x