Kompas TV regional peristiwa

Lapas di Sumatera Selatan Izinkan Keluarga Tahanan Besuk Langsung Saat Iduladha

Kompas.tv - 8 Juli 2022, 12:56 WIB
lapas-di-sumatera-selatan-izinkan-keluarga-tahanan-besuk-langsung-saat-iduladha
Keluarga tahanan di lapas dan rutan di Sumatera Selatan, diizinkan besuk langsung saat Iduladha. (Sumber: Kompastv/Ant)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Iman Firdaus

PALEMBANG, KOMPAS.TV — Keluarga tahanan di lembaga pemasyarakatan (lapas) dan rumah tahanan negara (rutan) di Sumatera Selatan, diizinkan besuk langsung saat Iduladha.

Menurut Kepala Kanwil Kemenkumham Sumsel Harun Sulianto keluarga tahanan bisa besuk pada Minggu, 10 Juli 2022 saat penyembelihan hewan kurban.

"Layanan tatap muka bagi warga binaan dibuka kembali setelah dua tahun terakhir layanan tersebut ditiadakan dampak tingginya kasus penularan COVID-19," kata Harus seperti dilansir Antara, Jumat (8/7/2022).

Terkait pembukaan layanan tersebut, pihaknya akan melakukan persiapan dan tindakan antisipasi dengan deteksi dini terhadap potensi gangguan keamanan dan ketertiban.

Baca Juga: Kunjungan Tatap Muka Kembali Dibuka, Warga Binaan di Lapas Banjarmasin Akhirnya Bisa Ketemu Keluarga

Ia juga menyebut, aturan layanan hingga persiapan ini juga berlaku untuk lapas dan rutan yang tersebar di 17 kabupaten dan kota dalam wilayah Sumsel.

"Menyikapi dibukanya kembali layanan kunjungan tatap muka bagi WBP di Lapas, Rutan, dan LPKA, saya minta agar dipersiapkan secara maksimal. Jangan sampai ada napi lari, diskriminasi, pungli, dan jangan ada penyalahgunaan narkotika melalui kunjungan momentum Iduladha," ujarnya.

Selain itu juga, pihaknya mengimbau keluarga tahanan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dan memenuhi syarat sesuai prosedur, salah satunya telah menerima vaksin booster.

Sementara terkait penyembelihan hewan kurban pada Iduladha tahun ini di lapas wilayah Sumsel pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Pertanian dan Peternakan kabupaten/kota setempat untuk mencegah penyakit mulut dan kuku (PMK).

Adapun jumlah hewan kurban yang akan disembelih oleh jajaran Kemenkumham Sumsel saat Iduladha mencapai 79 ekor dengan perincian 34 ekor sapi dan 45 ekor kambing.

Pihaknya berharap, melalui layanan tatap muka dan penyembelihan puluhan ekor hewan kurban diharapkan warga binaan pemasyarakatan beragama Islam bersama keluarga bisa merayakan Iduladha dengan penuh suka cita.

Baca Juga: Kemenkumham Sumsel Beri Penjelasan Terkait Penangkapan Napi Lapas Lubuklinggau yang Melarikan Diri



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x