Kompas TV regional berita daerah

Ekskavasi Arca Dwarapala di Malang, BPCB Temukan Struktur Batu

Kompas.tv - 5 Juli 2022, 17:59 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV- Tim dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur melakukan ekskavasi di komplek Arca Dwarapala di Singosari Kabupaten Malang, Senin (04/07/2022). Dalam ekskavasi ini, tim menemukan struktur batu yang terpendam di bawah Arca Dwarapala.

Penggalian yang dilakukan tim  BPCB   ini difokuskan pada area sekitar dua Arca Dwarapala yang terletak di sebelah barat Candi Singosari. Dalam penggalian yang dilakukan sejak 27 Juni lalu, tim telah menemukam 16 lapis struktur batu yang terpendam.

Arca Dwarapala sendiri menurut tim BCPB adalah sebuah arca yang biasa dijadikan penjaga pintu gerbang, sebelum masuk ke sebuah Kota atau Kerajaan.

Penggalian ini juga dimaksudkan untuk mengetahui posisi asli arca yang berukuran cukup besar ini. Karena kondisi saat ini dua arca menghadap pada posisi yang berbeda. Arca sebelah utara menghadap ke timur sedangkan arca di sebelah selatan menghadap ke utara. 

Selain struktur batu, BPCB   juga menemukan pecahan gerabah dan porselen dari Dinasti Yuan dan Dinasti Ming.

"Di foto lama ada struktur batu disitu, tapi setelah kita ekskavasi hanya tinggal bagian bawah" ucap Vidi Susanto, Ketua tim eskavasi.

Hingga saat ini, belum diketahui pasti bangunan apa yang dijaga oleh dua Arca Dwarapala raksasa di Singosari ini.

#eskavasibpcb #arcadwarapala



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x