Kompas TV regional berita daerah

Seru! Balapan Perahu Nelayan di Pantai Utara Probolinggo

Kompas.tv - 5 Juli 2022, 12:17 WIB
Penulis : KompasTV Jember

PROBOLINGGO, KOMPAS.TV - Nelayan di pantai utara Probolinggo Jawa Timur menggelar lomba balap perahu fiber di sepanjang pantai. Mereka beradu kecepatan dan kecakapan mengemudikan perahu di atas ombak yang tak stabil.

Puluhan perahu fiber bersiap adu cepat di dermaga pantai darmo Dusun Brak, Desa Banjarsari, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, pada Sabtu (2/7/2022). Para nelayan sibuk mengecek mesin hingga baling-baling sebelum mengemudikanya.

Balap perahu fiber terbagi 2 kelas, kelas A untuk perahu berukuran di atas 6 meter dan kelas B untuk perahu dengan ukuran di bawah 6 meter.

Baca Juga: Nelayan Pantai Utara Gelar Tradisi Praonan di Hari Raya Ketupat

Dalam babak penyisihan, hanya 5 peserta yang dilepas dengan sistem gugur. Peserta mengitari lintasan sebanyak 3 lap sejauh 3 kilometer. 2 peserta tercepat berhak maju ke babak selanjutnya.

Berbagai manuver dan trik dilakukan joki perahu untuk berada di posisi terdepan. Tak jarang terjadi tabrakan di saat menikung di lintasan.

Peserta balapan rata-rata nelayan lokal. Pemenang diberi hadiah trophy, uang pembinaan dan sembako. Nelayan berharap balap perahu fiber dijadikan agenda tahunan untuk menarik wisatawan.

 

#Balapan #Perahu #Nelayan #PantaiUtara #Probolinggo



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x