Kompas TV regional berita daerah

Unik, Tradisi Potong Rambut Gimbal di Wonosobo

Kompas.tv - 4 Juli 2022, 17:19 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

WONOSOBO, KOMPAS.TV - Tetap melestarikan kebudayaan yang ada. Ini pantas diberikan kepada warga Wonosobo, Jawa Tengah, dimana mereka masih mempertahankan tradisi unik dari nenek moyang. Warga Wonosobo menggelar tradisi potong rambut gimbal yang dilaksanakan di tepi Telaga Cebong, Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Wonosobo, Minggu (03/06/22) siang.

Dalam pergelaran tradisi ini dihadiri oleh Sandiaga Salahudin Uno, Menparekraf RI, dan beliau berkesempatan untuk menjadi pemotong rambut yang pertama.

Potong rambut gimbal diikuti oleh tiga warga di Wonosobo, yakni dua orang anak - anak serta satu dewasa. Rambut gimbal tersebut tumbuh secara alami, namun berbeda dengan rambut pada umumnya. 

Menurut Tuyali, Kepala Desa Sembungan, tradisi potong rambut gimbal tersebut dilaksanakan secara khusus. Peserta yang mengikuti tradisi tersebut harus terpenuhi apa yang diinginkan, karena jika tidak dipenuhi, maka rambut akan kembali tumbuh gimbal.

"Udah dari turun temurun, kalo permintaannya tidak dikbulkan tetep tumbuh lagi," ujar Tuyali.

Suyatmi, salah satu peserta mengaku, sangat senang dengan mengikuti tradisi potong rambut gimbal tersebut. Rambut gimbal tersebut muncul sejak tahun 2015, atau ketika ia berusia 31 tahun.

Usai dilakukan pemotongan dan penyerahan apa yang diinginkan peserta, rambut gimbal yang telah dipotong selanjutnya dilarung di Telaga Cebong.

#tradisiunik #rambutgimbal #wonosobo



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x