Kompas TV regional berita daerah

Teknik Merobohkan Hewan Kurban dengan Tali Simpul

Kompas.tv - 2 Juli 2022, 10:32 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Mahasiswa di Kabupaten Jember Jawa Timur berbagi trik merobohkan hewan kurban berukuran besar dengan mudah. Caranya dengan teknik tali simpul, sapi berukuran besar dapat dirobohkan hanya dengan 2 orang saja.

Salah satu bagian penting menyembelih hewan kurban saat Idul Adha adalah merobohkannya dengan benar tanpa menyakitinya. Terutama jika hewan kurbannya adalah sapi berukuran besar.

Mahasiswa Politeknik Negeri Jember membagikan trik merobohkan sapi dengan mudah, yakni dengan menggunakan teknik tali simpul.

Baca Juga: Presiden Jokowi Kurban Sapi 1,1 Ton, Beli ke Peternak Bromo

Teknik itu menyesuaikan ukuran tubuh sapi, karena tali dilingkarkan pada leher, tubuh dan pangkal kaki. Tali temali semacam itu dapat mengunci simpul otot sehingga sapi kehilangan keseimbangan dan roboh secara perlahan.

Menurut mahasiswa Politeknik Negeri Jember, Angga Saputra, trik semacam itu dapat membuat sapi lebih nyaman dan tidak stres, sehingga sapi tidak melawan saat akan disembelih.

Selain dapat digunakan untuk merebahkan hewan kurban, teknik itu juga dapat digunakan saat merawat kuku sapi, yang terpapar virus PMK.

 

#MerobohkanSapi #MenyembelihSapi #HewanKurban #Mahasiswa #PoliteknikNegeriJember #TaliSimpul

 

 




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x