Kompas TV regional berita daerah

Stok Hewan Kurban Di Bali Dipastikan Mencukupi

Kompas.tv - 1 Juli 2022, 10:07 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

DENPASAR, KOMPAS TV - Pulau Bali hingga kini masih aman dari penyebaran penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak. Untuk itu ketersediaan hewan kurban jenis sapi dan kambing yang akan dijadikan kurban pada perayaan Idul Adha dipastikan ketersediaan mencukupi. Tidak hanya mencukupi, dipastikan juga Bali tidak menerima pengiriman hewan ternak jenis kambing dari luar Bali pasca mewabahnya penyakit mulut dan kuku di luar pulau Bali.

Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali, I Made Artawan selaku Sub Koordinator Keswan Dan Kesmavet menyebut, ketersediaan hewan kurban jenis sapi di Bali tahun ini mencapai 16 ribu ekor dan ternak kambing 2.800 ekor. Sesuai data kebutuhan hewan kurban di Bali setiap tahunnya untuk jenis sapi, 2.000 ekor dan hewan kambing 2.500 ekor.

Mewabahnya penyakit mulut dan kuku, Bali tidak boleh menerima pengiriman hewan ternak dari luar Bali. Namun pengiriman sapi potong keluar Bali mendekati perayaan hari Idul Adha cukup meningkat. Setiap tahunnya Provinsi Bali memberikan kuota untuk pengiriman sapi potong keluar Bali mencapai 60 ribu ekor.
 

 

 

 

 

 

#dinaspertanianbali #iduladha #hewankurban

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x