Kompas TV regional berita daerah

Tangani PMK, Kementan Siapkan 3 Juta Vaksin

Kompas.tv - 24 Juni 2022, 12:57 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

BULELENG, KOMPAS TV - Kasus Penyakit Mulut dan Kuku- PMK, di Indonesia, telah menyerang sekitar 180 ribu ekor sapi, dari 18 juta populasi yang ada di seluruh Indonesia. Virus PMK pada sapi ditemukan di 19 provinsi dan 169 kabupaten. 

Sesuai data Kementerian Pertanian, virus PMK baru tertular pada 1 persen dari populasi sapi yang ada di Indonesia. Walau baru menular pada 1 persen populasi sapi di Indonesia, Kementan telah siapkan 3 juta vaksin PMK. Penanganan awal 18 ribu vaksin PMK telah disebarkan di berbagai daerah di Indonesia yang masuk dalam zona merah PMK. Hingga saat ini bali masih masuk dalam zona hijau PMK.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, saat menyerahkan bantuan 100ekor bibit sapi, kepada masyarakat Desa Sumber Klampok, Kecamatan Gerokgak, Buleleng, Bali. 

Pemerintah, melalui Kementerian Pertanian, telah mengeluarkan edaran untuk daerah zone merah PMK, tidak diperbolehkan untuk melakukan jual beli sapi dalam kondisi hidup, tetapi harus dalam kondisi telah di potong. Hal ini dilakukan untuk mencegah penularan virus PMK yang lebih luas, di Indonesia.

 

 

 

 

 

 

#kementanRI #vaksinPMK #buleleng

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x