Kompas TV regional berita daerah

Dari Hobi Kini Jadi Langganan Juara Kicau Mania

Kompas.tv - 22 Juni 2022, 11:11 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

BLORA, KOMPAS.TV - Bagi pecinta burung berkicau di Kabupaten Blora, Jawa Tengah, nama Puguh Agung Dwi Pambudiutomo, tentu sudah tidak asing. Bukan tanpa alasan, selain pecinta burung, Puguh juga pengoleksi ribuan piala pemenang lomba burung berkicau. Setidaknya lebih dari 2.300 piala yang kini menghiasi rumahnya.

Banyaknya piala yang ia raih, membuat banyak pecinta burung di Blora memberi julukan Puguh sebagai rajanya kicau mania.

Puguh mengaku, sudah mengikuti kejuaran lomba burung berkicau sejak tahun 2006. Berbagai kejuaran tingkat lokal hingga nasional pun pernah ia ikuti, seperti kejuaraan panglima, Kapolri Cup tahun 2003, hingga kejuaraan umum Bird Club tahun 2020.

Puguh mengaku, saat ini ia memiliki 20 jenis burung kicauan, seperti murai batu, kenari, cucak ijo, pleci hingga cendet. Bahkan, salah satu burung cucak ijo yang ia miliki pernah laku terjual seharga Rp 75 juta. Prestasi burung tersebut pernah meraih juara kedua dalam kejuaraan tingkat nasional burung berkicau untuk kategori cucak ijo.

"Saya mulai pertama ikut lomba itu di tahun 2006. Dulunya SD, SMP itu cuma melihara burung untuk rumahan saja. Setelah ada lomba itu saya penasaran, awalnya juga kalah," kata Puguh.

Meski sudah meraih ribuan penghargaan, Puguh mengaku belum puas. Dirinya masih penasaran dengan kejuaraan burung piala presiden dan piala raja yang belum pernah ia juarai.

#hobi #burungkicau #blora



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x