Kompas TV regional berita daerah

Laboratorium Alam, Sarana Belajar dan Bereksplorasi

Kompas.tv - 17 Juni 2022, 11:27 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Sebagai upaya agar siswa tidak cepat bosan dan lebih kreatif dalam belajar, sebuah sekolah swasta di Kota Semarang mendirikan laboratorium sekolah berbasis alam.

Yayasan Penyelenggara Ilahi Indonesia (YPII) Sekolah Kebon Dalem, mendirikan laboratorium alam diatas lahan seluas 5,245 m2. Lahan yang semula berupa kebun, kini disulap menjadi sarana belajar dan bereksplorasi bagi para siswa, yakni laboratorium alam Kebon Dalem. Laboratorium ini menggunakan konsep kurikulum merdeka, yakni siswa digembleng belajar di tempat terbuka dengan memanfaatkan segala potensi yang disediakan oleh alam.

Siswa diajarkan untuk mengenal lingkungan dan klasifikasi fauna, seperti kelinci, burung, ayam dan hewan lainnya. Selain itu, mereka juga dikenalkan berbagai flora, seperti pohon kayu keras, pohon hias, umbi - umbian dan berbagai tanaman langka.

Laboratorium alam akan mulai difungsikan tahun ini, yang ditandai dengan penanaman pohon yang dihadiri oleh Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu.

"Tentunya selain sehat, juga bisa menyatu dengan alam. Tentunya anak -  anak ini juga akan mencintai alam," ujar Hevearita.

Bentuk bangunan laboratorium alam dibuat mirip rumah khas Papua yang sering disebut honai. Model bangunan yang unik, tidak menutup kemungkinan bahwa sekolah alam ini bisa menjadi tempat wisata pendidikan di Semarang.

#ypii #laboratoriumalam #semarang




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x