Kompas TV regional berita daerah

Pelaku UMKM Abon Cakalang Ketiban Rezeki Dimusim Haji

Kompas.tv - 15 Juni 2022, 16:15 WIB
Penulis : KompasTV Manado

MANADO, KOMPAS.TV- Musim haji membawa berkah tersendiri bagi seorang ibu rumah tangga di Manado Sulawesi Utara. Produk abon cakalang buatannya laris manis diborong para calon haji untuk dijadikan bekal selama berada di tanah suci Mekkah.

Dari dapur rumahnya di Kelurahan Liwas, kota Manado, Nurjanah Bin Smith membuat produk abon berbahan dasar ikan cakalang. Cakalang adalah salah satu jenis ikan yang paling banyak dikonsumsi warga Sulawesi Utara.

Abon cakalang kemasannya banyak diminati, tak hanya oleh warga lokal tapi juga oleh warga dari luar daerah. Omzetnya semakin meningkat di saat musim haji saat ini.

Produknya banyak dipesan oleh para calon haji Sulawesi Utara sebagai bekal makanan selama menunaikan ibadah haji. selain karena tahan lama, mengonsumsi abon cakalang khas Sulut menjadi pelepas rindu saat para calon haji berada di tanah suci Mekkah.

Nurjanah mengaku tiap musim haji, pendapatannya meningkat hingga 75 persen dari penjualan normal.

Meski banyak pesaing, nurjanah mengklaim produk abon cakalan olahannya memiliki keistimewaan tersendiri.

Berbekal resep warisan keluarga, Nurjanah mampu membuat abon cakalang yang lezat, gurih dan nikmat. salah satu kunci kelezatan produknya terletak pada penggunaan santan.

Selain dikonsumsi dengan nasi, abon cakalang juga nikmat disajikan sebagai hidangan tambahan saat menyantap roti dan bubur.

Dalam sehari, nurjanah mengaku bisa memproduksi hingga 30 bungkus abon cakalang. Produknya dijual dengan harga murah yakni 25 ribu rupiah perbungkus.

#kompastvmanado #calonhaji #umkm

Yongke Londa Kompas tv Manado

 

Saksikan Siaran Kompastv :                   

Chanel 46 UHF

Fb : Kompastv Manado

Yt : Kompastv Manado

Alamat Studio Kompastv Manado

Jl.Anugerah No.08 Kelurahan Winangun

Kecamatan Malalayang, Kota Manado

Sulawesi Utara

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x