Kompas TV regional berita daerah

43 Penyandang Disabilitas di Malang Ikuti Pelatihan Wirausaha

Kompas.tv - 14 Juni 2022, 18:04 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV-Sekelompok pemuda di Kota Malang, memberikan pelatihan bagi para penyandang disabilitas, dengan mengajarkan cara membuat kaos eco print.

Pelatihan wirausaha ini digelar oleh komunitas Omah Gembira, sebuah komunitas berisikan sekelompok anak muda pemerhati penyandang disabilitas.

Digelar di kantor UPT Rehabilitasi Sosial Bina Netra Malang, sebanyak 43 penyandang disabilitas dari wilayah Malang Raya, mengikuti pelatihan dengan tekun dan telaten.

Pelatihan yang digelar selama enam jam ini, tidak hanya diikuti peserta satu kali saja. Namun tiap dua pekan sekali, selama empat bulan. Hal tersebut agar para penyandang disabilitas, bisa menyerap ilmu wirausaha secara maksimal.

“Kelasnya dibuka 2 minggu sekali dengan 15 kali. Nah ini dilaksanakan 4 bulan. Harapannya adalah teman disabilitas tidak mungkin terus didampingi orang tuanya, pastinya butuh kemandirian dan ilmu untuk menafkahi diri sendiri. Dari kegiatan ini kita membekali ilmu tersebut” terang Zaenab Fikron, dari komunitas Omah Gembira.

Para penyandang disabilitas pun senang mengikuti pelatihan ini. Seperti Latif dan Ali, yang sehari-harinya bekerja sebagai penjahit. Mereka tertarik mencoba membuat kaos eco print, karena mudah dibuat. Terlebih mereka juga dibimbing selama beberapa pertemuan, untuk membuat kerajinan ini.

“Dapat wawasan baru, ada rencana jangka panjang dikembangkan, bikin terus dijual. Menyenangkan kegiatanya, banyak teman juga” cerita mereka.

#penyandangdisabilitas #pelatihanwirausaha



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x